JAKARTA, HOLOPIS.COMSekretaris Direktorat Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mendorong agar masyarakat lebih meningkatkan lagi kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan, salah satunya adalah penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Sepanjang Ramadan dan Idul Fitri itu kan harys tetap menerapkan prokes,” kata Siti Nadia dalam Ruang Tamu Holopis, Kamis (7/4).

Ia sangat berharap pemerintah tidak akan membuat perubahan kebijakan yang mengarah kepada pengetatan kegiatan masyarakat kembali. Namun demikian, ia juga mengingatkan hal itu bisa terjadi jika masyarakat sudah sadar diri tentang kesehatannya, serta tidak ada lagi lonjakan kasus baru karena virus korona.

“Tapi mudah-mudahan tidak ada lagi kebijakan baru yang membatasi kegiatan-kegiatan masyarakat lagi,” ujarnya.

Siti Nadia menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia sudah sangat siap jika sampai ada lagi lonjakan kasus akibat mudik lebaran dan liburan Idul Fitri nanti. Apalagi, beberapa kasus tren kenaikan dianggap sudah menjadi pelajaran penting bagi pemerintah untuk melakukan pengendalian.

“Kuncinya, kalau ada kasus mudik kita harus segera lakukan tindakan-tindakan untuk meminimalisir penularan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Siti Nadia juga mengharapkan agar para pemudik nanti tidak hanya fokus pada persiapan perjalanannya saja, mulai dari bekal, oleh-oleh lebaran hingga persiapan kendaraan saja. Akan tetapi ada yang tidak boleh ketinggalan, yakni memastikan kesehatan tetap terjaga, dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta melengkapi vaksinasi.

“Jangan hanya mobil disiapkan, oleh-oleh disiapkan, tapi diri tidak disiapkan. Makanya pemerintah sudah jauh-jauh hari mengingatkan agar kita proteksi diri dan kekebalan kesehatan kalau mau mudik secara aman,” tuturnya.