JAKARTA, HOLOPIS.COM – Hari Kesehatan Dunia atau World Health Day (WHD) diperingati setiap tanggal 7 April, peringatan ini berfokus pada gerakan dan tindakan untuk menjaga kesehatan manusia dan juga planet bumi.

Lantas bagaimana awal terbentuknya peringatan Hari Kesehatan Dunia?

Sejarah Hari Kesehatan Dunia

Hari Kesehatan Dunia atau World Health Day diperingati setiap tanggal 7 April yang dimulainya dengan berdirinya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1948.

Saat itu, WHO mengadakan Majelis Kesehatan Dunia yang memutuskan setiap tanggal 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia. Pertama kali hari peringatan ini dirayakan pada tahun 1950.

Selama 50 tahun terakhir ini, WHO telah mengangkat berbagai masalah kesehatan penting di dunia, seperti kesehatan mental, perawatan ibu dan anak, dan perubahan iklim.

Peringatan ini juga dilakukan dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memusatkan perhatian dunia pada aspek penting dari kesehatan global.

Lalu apa yang menjadi tema hari peringatan ini dan masalah apa saja yang di hadapi?

Tema Hari Kesehatan Dunia 2022 dan Masalah yang Dihadapinya

Hari Kesehatan Dunia 2022 mengusung tema ‘Our Planet, Our Health’. Dilansir dari website resminya WHO, makna dari tema tersebut adalah kesehatan manusia bergantung pada kondisi bumi, karena menurut WHO, sudah lebih dari 13 juta kematian di dunia yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan.

Pada tahun ini, WHO memfokuskan pada keselamatan bumi. Berikut ini kesehatan manusia yang berhubungan dengan keadaan bumi, antara lain:

  • Lebih dari 90% orang telah menghirup udaha yang tidak sehat akibat pembakaran bahan bakar fosil.
  • Adanya kenaikan suhu dan bnjir yang menyebabkan perubahan iklim dan menyebabkan kurang lebih 2 miliar orang terkena demam berdarah.
  • Polusi udara yang menyebabkan penyakit kanker paru-paru, penyakit jantung, dan juga stroke.
  • Penyakit pencernaan atau diare yang menyebabkan kurang lebih 820 ribu orang meninggal dunia setiap tahunnya, karena kurangnya persediaan air bersih.

Dengan adanya permasalahan diatas, kerusakan bumi dapat menurunkan angka kesehatan manusia di dunia. Maka dari itu, marilah Sobat Holopis untuk saling menjaga kesehatan, terutama menjaga keselamatan bumi kita. Karena menjaga keselamatan dan kesehatan bumi kita, sama dengan kita menjaga diri kita.