Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

BMKG Perkirakan Selama Lebaran Sejumlah Wilayah Turun Hujan

JAKARTA, HOLOPIS.COM Cuaca Lebaran 2022 diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah akan turun hujan. Dalam periode 25 April hinga 1 Mei, hujan diperkirakan akan turun merata di sejumlah wilayah.

Seperti wilayah Sumatera, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

“Tanggal 2-4 Mei, merah mulai bergeser ke arah barat, di Sumatera bagian Selatan, Jawa bagian tengah, kemudian di beberapa wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Indonesia timur relatif lebih aman, kecuali di Papua bagian tengah,” kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati (6/4).

Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat, Banten, dan Sumatera Selatan hingga Lampung, berpotensi turun hujan setelah lebaran dalam periode 4-10 Mei 2022.

Dwikora juga menjelaskan jika tidak terjadi badai tropis di bulan April hingga Mei, gelombang di perairan Indonesia relatif tidak terlalu tinggi dengan ketinggian maksimum 1 meter.

“Kalau yang membahayakan adalah di Samudra Hindia, di situ mulai kuning oranye, bahkan merah. Jadi wilayah-wilayah tersebut yang perlu diwaspadai,” kata dia.

Masyarakat pun diimbau, untuk terus memonitor kondisi cuaca melalui aplikasi ponsel infoBMKG, kanal YouTube dan berbagai sosial media

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru