JAKARTA, HOLOPIS.COM – Amerika Serikat yakin Ukraina bisa menang dari Rusia dalam perang yang sudah berlangsung sejak 24 Februari lalu. Hal itu terlihat dari Rusia yang hingga saat ini masih sulit menguasai wilayah-wilayah besar Ukraina.

“Presiden Rusia Vladimir Putin gagal mendapatkan keinginannya, dan hanya berhasil menguasai sebagian kecil wilayah saja,” kata Juru Bicara Pentagon, John Kirby, dilansir dari CNA, Kamis (7/4).

Pejabat AS mengklaim sebanyak 24,000 pasukan Rusia telah meninggalkan Kiev. Meski demikian, rasa takut masih ada saat Rusia diketahui sedang menyusun rencana untuk kembali mengirimkan pasukan mereka ke Ukraina.

“Bukti – bukti (kalahnya Rusia) terlihat dari kenyataan yang kita saksikan saat ini. Ukraina pasti menang,” tambah Kirby.

Sementara itu, seorang pejabat pertahanan AS yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa meskipun belum diketahui bagaimana rencana jangka panjang pihak Rusia, tetapi ancaman invasi untuk saat ini sudah hilang.

Masih tak tinggal diam, Amerika Serikat dan sekutu masih terus menambah sanksi kepada Ukriana akibat agresi mereka terhadap Ukraina.

Saat ini, AS sedang menargetkan anak-anak perempuan Putin, Katerina Vladimirovna Tikjonova dan Maria Vladimirovna Vorontsova karena diyakini menyembunyikan harta-harta Vladimir Putin.