JAKARTA, HOLOPIS.COM Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), selalu jadi permasalahan yang sering muncul saat bulan Ramadan. Kondisi tersebut menjadi perhatian Pemerintah Kota Jakarta Barat, apalagi kehadiran PMKS kerap kali mengganggu aktivitas masyarakat.

Oleh karena itu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jakarta Barat akan melakukan operasi penertiban PMKS. Kepala Satpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat mengatakan, yang akan jadi incaran dalam operasi tersebut yakni para koordinator  pengemis dan gelandangan yang saat ini masih beredar di jalan-jalan Ibu Kota.

“Kalau kita tangkap gelandangan dan pengemis percuma, maka kita tangkap pentolannya saja. Coba kita akan cari bersama-sama dengan Sudin Sosial,” kata Tamo di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (6/4).

“Jika kita bisa temukan koordinatornya, kita juga bisa menjaring pengemis gelandang yang lain,” sambungnya.

PMKS yang terjaring operasi, akan jalani tes kesehatan untuk pastikan mereka tidak terpapar Covid 19. Setelah itu, mereka akan dibawa ke panti sosial untuk mendapatkan pembinaan.

Operasi PMKS ini, akan dilaksanakan oleh petugas Satpol PP bersama Suku Dinas Sosial Jakarta Barat pada sore hari selama delapan kali di bulan Ramadan. Lokasi yang akan disisir petugas, yakni wilayah yang dinilai banyak PMKS seperti Cengkareng dan Kalideres.

“Lokasi operasi pun akan dilakukan secara acak oleh setiap petugas Satpol PP di tingkat kecamatan dan kelurahan. Dengan operasi ini, diharapkan peredaran PMKS bisa berkurang selama bulan Ramadhan,” pungkasnya.