Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Herawati Diah, Tokoh Wartawan Perempuan yang Dibadaikan di Google Doodle

Sebagai perempuan bisa pada umumnya, Herawati ternyata memiliki hobi bermain bridge. Bahkan untuk menyalurkan hobinya itu, ia selalu bermain bridge dua kali seminggu. Bahkan di usia senjanya ia mengikuti turnamen bridge.

Herawati tutup usia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta karena sudah sepuh dan mengalami pengentalan darah pada 30 September 2016. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, di samping makam suaminya, B.M. Diah.

Media

Herawati Diah patut dikenang sebagai sosok jurnalis perempuan yang berjasa atas media di Indonesia. Saat itu tak mudah menemukan pers perempuan yang peduli dengan gerakan perempuan, ketika Indonesia telah merdeka selama 25 tahun.

Melansir dari buku Seabad Pers Perempuan Bahasa Ibu, Bahasa Bangsa karya Devi Kusumastuti P, dkk pada tahun 70an, ada perubahan yang terjadi dalam tubuh pers perempuan Indonesia. Orientasi kemunculan media-media baru juga mengarah ke Barat.

Keluarga Herawati Diah lalu mendirikan majalah Keluarga yang memiliki moto “untuk ibuk, bapak, dan anak”. Majalah ini didirikan oleh ibu dari Herawati Diah yaitu S.A. Latip.

Ide penerbitan majalah ini diawali pada tahun 1938. Awalnya mereka menerbitkan majalah perempuan bulanan yang diberi nama Doenia Wanita. Kemudian ide tersebut dimantapkan dengan kelahiran penerbitan Keluarga pada tanggal 1 Desember 1952.

Majalah ini diterbitkan setiap pada tanggal 1 awal bulan. Setelah itu keluarga Herawati mendirikan Yayasan Keluarga pada tanggal 30 September 1954.

Awak media Keluarga diketuai oleh Herwati Diah yang dibantu oleh ibunya, Siti Kardinah Suparmin, Tini Soekardono, S.K Abdurachman, Retnowati Sudjono, serta Rukmini Soedirdjo.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru