JAKARTA, HOLOPIS.COM – BRI Liga 1 Indonesia musim 2021/2022 telah tuntas seluruhnya, di mana Bali United keluar sebagai juaranya. Kemudian ada pun tiga tim yang dipastikan bakal ikut serta melakoni laga di kancah Asia usai bertengger di tiga besar Liga 1.

Seperti yang telah diketahui bersama, Bali United berhasil meraih gelar juara Liga 1 dengan menutup kemenangan 3-1 melawan Persik Kediri di pertandingan terakhir pada Kamis (31/3) kemarin.

Berkat kemenangan tersebut Bali United kokoh di puncak klasemen Liga 1 dengan torehan 75 poin dalam 23 kali kemenangan, enam kali imbang dan lima kali kalah per 34 laga.

Maka dari itu Bali United dipastikan mendapat dua tiket di kancah Asia yakni satu slot di babak kualifikasi Liga Champions Asia tahun depan dan satu slot Piala AFC.

Kemudian di posisi kedua atau runner-up ada Persib Bandung yang berhasil mengantongi 69 poin dengan 20 kemenangan, sembilan imbang dan lima kali kekalahan per 34 laga. Klub berjuluk Maung Bandung ini pun mendapat satu tiket Piala AFC musim depan.

Selain itu ada Bhayangkara FC yang duduk di posisi tiga klasemen Liga 1 dengan mengoleksi 66 poin dalam 19 kali kemenangan, sembilan imbang dan enam kali kekalahan. Dalam hal ini klub yang kerap dijuluki The Guardian tersebut berada di daftar tunggu Piala AFC musim depan. Pasalnya Bhayangkara FC baru bisa bermain apabila Bali United mampu tembus fase grup Liga Champions Asia.

Sementara, tiga tim lainnya yakni Persipura Jayapura, Persela Lamongan dan Persiraja Banda Aceh harus rela menerima pil pahit terdegradasi ke Liga 2 dengan menempati posisi tiga terbawah Liga 1 musim 2021/2022.

Posisi ketiganya akan diisi oleh tim promosi dari Liga 2 yakni Persis Solo, RANS Cilegon dan Martapura Dewa United.

Klasemen Liga 1
Daftar klasemen Liga 1 (Foto: Tangkapan Layar ligaindonesiabaru.com)