Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

DPR Harap Distribusi Minyak Goreng Berjalan Mulus Usai Diambil Alih Kemenperin

JAKARTA, HOLOPIS.COM Anggota Komisi VI DPR RI, Muhammad Sarmuji berharap agar distribusi minyak goreng di Tanah Air bisa berjalan mulus, usai kebijakan soal minyak goreng sawit (MGS) curah diambil alih oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

“Aturan itu saat ini tengah dieksekusi oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Harapannya begitu, terutama untuk minyak curah karena berbasis produksi,” kata Sarmuji di Jakarta, Jumat (1/4).

Seperti diketahui, pemerintah telah merombak ulang kebijakan soal MGS curah, dari yang semula berbasis perdagangan menjadi berbasis industri. Hal itu dilakukan lantaran kebijakan MGS curah berbasis perdagangan yang sebelumnya diatur Kemendag, terbukti tidak efektif menjaga pasokan dan harga minyak goreng di masyarakat.

Perombakan kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No 8 Tahun 2022.

Sarmuji yakin, kebijakan baru berbasis perindustrian ini mampu menekan angka penyimpangan. Sebab, kata Sarmuji, pemerintah bisa memantau pasokan dengan lebih mudah.

“Pabrik pasti tahu distributor pertama (D1) dan kedua (D2), sehingga ke mana pun minyak goreng bisa dipantau,” kata dia.

Belajar dari kasus kemarin, Politisi partai Golkar itu menuturkan, bahwa Minyak goreng sudah banyak keluar, tapi tak sampai ke masyarakat.

“Ini belajar dari kasus kemarin. Minyak goreng katanya banyak keluar dari pabrik, tapi di pasar tidak ada. Anehnya, tidak ada yang tahu ke mana hilangnya minyak goreng itu,” kata Sarmuji.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru