Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Rusia Kumpulkan Pasukan di Donbas, Zelenskyy Janji Akan Pertahankan Tanah Ukraina

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy telah berjanji untuk memperjuangkan tanah Ukraina. Ia akan menyiapkan serangan untuk Rusia di wilayah Donbas setelah Moskow mengumpulkan pasukan di sana.

“Ukraina sedang berada di titik balik perang yang sudah berlangsung selama lima minggu dengan Rusia.” Kata Zelenskyy, dilansir dari Aljazeera, Kamis (31/3).

Ukraina juga kembali mendesak negara-negara Barat agar mengirimkan lebih banyak senjata.

Dalam sebuah pembicaraan untuk perdamaian yang dilakukan dini di Istanbul, Rusia mengatakan akan membatasi operasi di dekat Kiev dan kota utara Chernihiv, untuk membangun kepercayaan dalam negosiasi.

Namun, Ukraina dan sekutu Barat tetap skeptis terhadap janji Rusia. Mereka mengatakan itu hanya akal-akalan Rusia yang justru mempersiapkan serangan saat Ukraina lengah.

“Penarikan pasukan Rusia dari Kiev dan Chernihiv bukanlah penarikan, namun hanya konsekuensi dari kerasnya pasukan kami,” kata Zelenskyy.

Zelenskyy juga mengklaim tentang penumpukan pasukan Rusia yang akan melakukan serangan baru di Donbas. Ia mengatakan Ukraina sedang bersiap untuk mempertahankan tanah mereka.

Perang Rusia-Ukraina yang telah berlangsung sejak 24 Februari lalu, menyebabkan ketegangan yang semakin parah antara Rusia dan negara barat sejak Perang Dingin.

Invasi Rusia telah membunuh dan melukai ribuan warga sipil, dan membuat sebagian wara Ukraina harus pergi mengungsi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru