Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Muannas Alaidid Apresiasi Andika Perkasa soal Keturunan PKI

JAKARTA, HOLOPIS.COMDirektur eksekutif Komite Pemberantasan Mafia Hukum (KPMH) Habib Muannas Alaidid memberikan apresiasi kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa soal polemik anak atau keturunan penganut ideologi Komunisme di Indonesia.

Bagi Muannas, sikap Panglima sangat tegas untuk tidak menciderai hak konstitusional warga negara karena latar belakang nasabnya.

“Tegas, cerdas, berani dan bijak semua ada padanya,” kata Muannas, Kamis (31/3).

Dalam rapat dengan jajaran Mabes TNI, Jenderal Andika Perkasa menyatakan dengan tegas bahwa yang dilarang di dalam TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966 adalah paham komunisme, leninisme dan marxisme. Tidak ada termaktub bahwa underbow maupun anak PKI dilarang di dalam regulasi yang diteken oleh Presiden Soeharto itu.

Menurut Muannas, sosok tegas semacam Jenderal Andika sulit.

“Sulit selama ini cari sosok di TNI yang lengkap seperti jejak Jenderal Andika Perkasa, salam hormat,” ucapnya.

Sebelumnya, terjadi perbincangan seru di internal Mabes TNI, yakni antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan Direktur D BIAS TNI Kolonel Dwiyanto.

Di mana dalam seleksi calon anggota TNI, ada poin yang melarang keturunan PKI mencalonkan diri dalam seleksi perwira TNI.

“Zaman saya tak ada lagi keturunan dari apa (PKI dilarang ikut seleksi penerimaan prajurit), tidak. Karena apa? Saya menggunakan dasar hukum. Oke? Hilang nomor 4,” kata Andika.

Adapun penghapusan poin nomor 4 itu berawal dari Andika yang bertanya soal dasar hukum dilarangnya anak keturunan anggota PKI untuk daftar menjadi anggota TNI.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru