Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizMantan Menkeu Ingatkan Bahasa Price Gap Kenaikan Harga Pertamax

Mantan Menkeu Ingatkan Bahasa Price Gap Kenaikan Harga Pertamax

JAKARTA, HOLOPIS.COM Mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Muhammad Chatib Basri memberikan komentarnya terkait dengan lonjakan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamax yang ditetapkan oleh Kementerian ESDM dan PT Pertamina.

Pasalnya, kenaikan harga yang sangat fantastis menjadi perhatian serius, yang sebelumnya di angka Rp9.000 – Rp9.400, akan naik menjadi Rp16.000 per 1 April 2024 mendatang.

Chatib Basri mewanti-wanti efek samping dari price gap tersebut.

“Ada yang perlu diantisipasi terkait kenaikan Pertamax (yakni) soal price gap,” kata Chatib Basri, Kamis (31/3).

Dengan kondisi harga Pertamax nanti di Rp16.000, kemudian harga Pertalite tetap di Rp7.650, maka efek sampingnya adalah perpindahan penggunaan dan konsumsi Pertalite yang akan melonjak sangat tinggi. Karena peralihan secara sporadis pengguna Pertamax ke Pertalite yang masih disubsidi oleh pemerintah.

“Maka bisa terjadi migrasi dari Pertamax ke Pertalite. Bisa terjadi over quota dan beban APBN naik tajam,” ujarnya..

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal tahun 2012 itu menyarankan, agar strateginya tidak pada peralihan target subsidi barang, melainkan peralihannya kepada target market saja.

“Lebih baik targeted subsidy orang daripada barang,” tutur Chatib.

Perlu diketahui, bahwa per tanggal 1 April 2022 besok, harga BBM jenis oktan RON 92 tersebut akan mendapatkan bandrol baru, yakni Rp16.000. Angka tersebut dikabarkan berdasarkan hasil perhitungan dari Kementerian ESDM dan diamini oleh PT Pertamina Persero. Bahkan kabarnya, DPR pun ikut memberikan dukungan terkait dengan hal itu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.