JAKARTA, HOLOPIS.COMKodim 0503 Jakarta Barat,  gerebek sebuah lokasi yang digunakan untuk menimbun solar di Kembangan, Jakarta Barat. Dari penggerebekan tersebut, ditemukan belasan ton solar.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0503 Jakarta Barat (Jakbar) Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa menceritakan, penggerebekan tersebut bermula dari temuan dilapangan oleh petugas Babinsa yang menduga ada praktik penimbunan solar.

“Awalnya ada laporan dari Babinsa. Akhirnya kita gerebek tadi pagi, tempat penimbunan solarnya seperti di kawasan tempat pembuangan sampah,” kata Made, Rabu (30/3).

Dalam penggerebekan tersebut, berhasil diamankan satu orang yang berperan sebagai bos penimbun solar atas nama Aming, 3 mobil box dan 2 unit mobil tangki.

Modus yang digunakan mereka, dengan membeli solar ke SPBU  yang ada di wilayah Jakarta Barat. Lalu, solar yang sudah dibeli ditimbun menggunakan mobil box dan tangki yang ikut disita saat penggerebekan.

Solar yang ditimbun itu, rencananya akan dijual ke proyek untuk bahan bakar alat berat dengan harga Rp. 9.000 per liter.  “Mereka jual bisa Rp9.000 per liter kepada para pihak proyek tersebut,” kata I Made.

Dari hasil penimbunan tersebut, sehari mereka bisa menjual 12 ton solar dengan keuntungan hingga Rp. 92 juta.

“Mereka bisa raup Rp 92 juta dalam satu sampai dua hari. Mereka sudah beroperasi selama tiga minggu, jadi bayangkan saja sudah berapa keuntungannya,” kata dia.

Untuk proses selanjutnya, I Made mengatakan bos penimbun dan barang bukti diserahkan ke Polres Jakarta Barat.