Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Review Kdrama Netflix Juvenile Justice: Logika Hukum di Balik Realitas Peradilan Anak

Hakim Sim Eun-seok hadir sebagai pengingat bahwa hukum harus diberlakukan dengan tegas tanpa melihat umur dari para pelaku kriminal, meskipun masih dibawah umur. Ia dengan berani memberikan vonis penuh atau maksimal kepada pelaku kriminal anak.

Banyak rintangan yang dihadapi Sim Eun-seok dalam membentuk hukum yang menakutkan bagi para kriminal anak, pro dan kontra yang datang bukan hanya dari wali korban maupun pelaku saja namun dari anggota parlemen, pemerintah, hingga hakim ketua pun turut terlibat dalam mengkritik langkah Sim Eun-seok.

Hal tersebut memperlihatkan bahwa hukum yang berlaku masih belum tajam dan terlihat menakutkan, meski pun vonis maksimal yang diberikan Sim Eun-seok terasa menakutkan namun tetap saja ada beberapa pelaku kriminal anak yang lolos dari hukuman.

Tamparan terhadap peran orang tua dalam mendidik anak

Drama ini juga menitikberatkan segala permasalahan kepada orangtua yang dianggap sebagai pondasi utama perilaku dan sikap anak terhadap lingkungan sekitarnya.

Perceraian, perselingkuhan serta kekerasan yang mereka lakukan menimbulkan dampak buruk pada tumbuh kembang anak mereka.

Namun, kebanyakan orangtua tidak sadar kalau perilaku yang mereka tunjukkan bisa melahirkan sifat pembangkang anak yang lama-kelamaan dapat menjadikan mereka lebih berani dalam bertindak. Semua permasalahan tersebut dirangkum melalui kasus permasalahan yang hadir di drama ini.

Drama Korea Juvenile Justice menyajikan isu-isu yang realistis

‘Juvenile Justice’ menyajikan isu-isu realistis yang sering terjadi di Korea, dengan mengambil sudut pandang para kriminal anak. Penonton akan melihat bagaimana kenakalan anak-anak di bawah umur yang tidak kalah brutal dan mengerikan daripada orang dewasa.

Drama ini berhasil menyajikan kasus kriminal anak dengan isu-isu terdekat yang membuat penonton tak habis pikir dengan kelakuan yang mereka lakukan. Detail-detail permasalahan yang ditampilkan pun tersaji dengan porsi yang pas, tempo yang sesuai serta penyelesaian yang terbilang masuk akal.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Takut Hal Mistis, Putri Marino Ungkap Alasan Mau Main di Film Horor Perdana ‘Tebusan Dosa’

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nama Putri Marino dikenal sebagai aktris...

Thriller Film Tebusan Dosa Sajikan Kisah Horror Penuh Teka Teki

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setelah sukses dengan “Kabut Berduri”, rumah...

Siap Tayang di Indonesia Film I The Executioner Adu Tampan Jung Hae In dan Ahn Bo Hyun

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menjadi salah satu film Korea yang...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru