JAKARTA, HOLOPIS.COM – Perayaan internasional yang diperingati setiap tanggal 27 Maret adalah Hari Teater Sedunia atau World Theatre Day.

Hari Teater Sedunia sendiri diprakarsai oleh International Theatre Institute (ITI) yang ingin mengingatkan orang-orang akan kekuatan besar yang dapat diciptakan oleh teater itu sendiri.

Tema Hari Teater Sedunia Tahun 2022

Melansir National Today, Hari Teater Sedunia memang tidak pernah merancang tema spesifik dalam perayaan setiap tahunnya. Namun, Hari Teater Sedunia selalu mengusung pesan “Theatre and a Culture of Peace” atau dalam bahasa Indonesia “Teater dan Budaya yang Damai.”

Tema ini dirancang untuk menyorot nilai penting seni teater dalam dunia hiburan serta perannya dalam mendorong perdamaian dan pembangunan ekonomi.

Lalu bagaimana sejarah dicetuskannya Hari Teater Sedunia oleh ITI?

Sejarah Hari Teater Sedunia

Hari Teater Sedunia diprakarsai Institut Teater Internasional (ITI) pada tahun 1961. Namun, pesan Hari Teater Sedunia pertama ditulis oleh Jean Cocteau pada 1962.

Pesan yang ditulis oleh Jean Cocteau itu  lalu dicetak dalam 50 bahasa dan dibacakan untuk puluhan ribu penonton dan juga dicetak pada ratusan surat kabar dan disebarkan melalui siaran ke seluruh dunia.

Semenjak itu, setiap tahun pada tanggal 27 Maret, tanggal pembukaan musim Theatre of Nations 1962 di Paris, Hari Teater Sedunia dirayakan.

Dikutip dari situs World Theatre Day, perayaan Hari Teater Sedunia tanggal 27 Maret 2022 akan diselenggarakan secara online oleh ITI.

Tahun ini peringatan Hari Teater Sedunia 2022 akan fokus pada perkembangan artis-artis teater pendatang baru yang akan menjadi generasi berikutnya. Oleh karena itu, ITI akan mengundang artis teater pendatang baru dari berbagai negara untuk berpartisipasi dalam pementasan online lewat video.