Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Polda Papua Tangkap Pimpinan Gerakan Separatis Papua

PAPUA, HOLOPIS.COM – Polda Papua melakukan penangkapan Ketua Dewan West Papua (Chairman of the West Papua Council) dari Pemerintahan Sementara ULMWP, Buchtar Tabuni.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, penangkapan mantan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) tersebut karena tindakannya yang dianggap membahayakan.

“Buchtar Tabuni beserta rekannya ditangkap disebabkan mereka menyerang dan mengeroyok aparat keamanan yang sedang patroli dan melintas di sekitar rumahnya,” kata Mathius, Jumat (25/3).

Insiden penyerangan itu dijelaskan oleh Mathius, terjadi pada Kamis pagi, sekitar pukul 10.30 WIT, saat aparat gabungan melakukan patroli ke kawasan Kamp Wolker, Distrik Heram, Jayapura dan menghampiri rumah Buchtar Tabuni yang saat itu sedang berkumpul sejumlah pemuda.

“Sebelumnya, aparat mendapat informasi adanya rapat di rumah Buchtar Tabuni yang dilakukan sekelompok pemuda yang menamakan diri Pemerintah Sementara West Papua United Liberation Movement for West Papua(ULMWP),” jelasnya.

Mendapat informasi tersebut, tim patroli bergerak itu dilakukan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas.

Saat itu, anggota mendatangi rumah Buchtar dan meminta mereka tidak melakukan pertemuan atau rapat, namun imbauan itu tidak diterima dan mereka menyerang anggota Polresta Jayapura sehingga dilakukan penangkapan terhadap Buchtar Tabuni beserta simpatisannya.

“Kasusnya kini ditangani Polresta Jayapura Kota, dan saat ini masih dilakukan pemeriksaan,” tukasnya.

Gerakan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) atau Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat ini sendiri diketahui merupakan organisasi yang berjuang memisahkan Papua dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru