Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizSaid Didu : Harga Minyak Goreng Meroket Akibat Harga CPO Naik dan...

Said Didu : Harga Minyak Goreng Meroket Akibat Harga CPO Naik dan Gagal Panen Kedele

JAKARTA, HOLOPIS.COM Said Didu memberikan komentarnya terkait kelangkaan minyak goreng yang terjadi di Indonesia, melalui kultwit yang dimuat dalam akun Twitter @msaid_didu.

Pria yang selalu vokal memberikan kritik kepada pemeritah ini, menegaskan bahwa apa yang terjadi di tengah masyarakat itu murni karena bisnis dan adanya peluang atau celah.

ia mengatakan, kenaikan harga minya goreng ini, disebabkan kenaikan harga Crude Palm Oil (CPO). Sedangkan, kenaikan harga CPO dikarenakan kenaikan harga minyak bumi dan gagal panen penghasil kedele.

“#mafiamigor. Saat itu, perbedaan harga CPO antara CPO-DMO dg CPO non DMO sktr Rp.6.000/kg atau sktr 70%. Perbedaan minyak goreng juga sktr Rp.6.000/ltr atau sekitar 42%. “Malaikatpun” akan tergoda mengambil keuntungan dg perbedaan harga sebesar itu. Pertanyaannya siapa yg main?” tulis Said Didu, yang dikutip Kamis (24/3).

Menurutnya, kelangkaan yang terjadi ini bukan karena tidak ada barang. “mafiamigor. Analisa saya, kelangkaan migor saat itu bukan krn tdk ada barang tapi lbh baik menunda produksi, distribusi, dan penjualan CPO dan Migor utk kebutuhan DMO dan HET demi mendapatkan keuntungan antara 40-70%. Apakah hal tsb melanggar aturan?,” jelasnya.

Praktek tersebut terjadi, dalam setiap strategi bisnis mereka di setiap tingkatan. Jika dikatakan apa itu melanggar hukum atau tidak, sangat sulit untuk dibuktikan.

Akibat margin keuntungan yang cukup tinggi itu, ia mengatakan merupakan hal yang wajar. Ditambah sebenarnya dengan lemahnya pemerintah diberbagai aspek, khususnya dalam hal peraturan dan pengawasan.

“#mafiamigor. Dari uraian tsb menurut saya isu kelangkaan minyak goreng disebabkan karena ada pengusaha yg mengutamakan mencari untung yg mengabaikan kepentingan rakyat dg memanfaatkan kelemahan pemerintah dalam berbagai aspek – terutama aturan dan pengawasan,” ucap Said Didu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.