Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Korea Utara Tembakkan Rudal Sampai Mendarat di ZEE Jepang

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sebuah rudal balistik antar benua Korea Utara (ICBM) yang diduga ditembakkan pada Kamis (24/3) sore mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang.

“Analisis kami saat ini menunjukkan bahwa rudal balistik terbang selama 71 menit dan sekitar 15:44 waktu setempat, mendarat di perairan dalam zona ekonomi eksklusif Jepang di Laut Jepang sekitar 150 km timur semenanjung Oshima Hokkaido,” kata Makoto Oniki, Menteri Pertahanan Jepang seperti dilansur dari Skynews, Kamis (24/3).

Menurut keterangannya, rudal balistik kali ini terbang di ketinggian lebih dari 6.000 km, jauh lebih tinggi dari ICBM Hwasong-15 yang diluncurkan pada November 2017, yang saat ini diyakini sebagai ICBM baru.

Militer Korea Selatan mengatakan, bahwa mereka telah mendeteksi proyektil tak dikenal yang diluncurkan ke Laut Timur tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

Korea Selatan dan Amerika Serikat belakangan ini telah memberi peringatan kepada Pyongyang yang telah menyiapkan uji coba rudal balistik antarbenua (ICB) dari jarak penuh untuk pertama kali sejak 2017 lalu.

Sementara itu, meskipun terkena sanksi internasional karena program senjatanya, Pyongyang telah menggandakan upaya untuk memodernisasi militernya.

Sikap Korsel

Sementara itu, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan, bahwa Korea Utara sudah dua kali menembakkan rudal balistik antarbenua tersebut sejak 2017. Dan ia mengatakan, bahwa ini merupakan sebuah pelanggaran.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.

PBB : Israel Langgar Perjanjian Global Tentang Hak Anak

Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuding Israel telah melakukan pelanggaran yang berat, yaitu melanggar perjanjian global tentang melindungi hak anak-anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru