Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Aziz Yanuar Setuju Tindak Pelaku Radikalisme Merusak

JAKARTA, HOLOPIS.COMAdvokat dan aktivis Islam, Aziz Yanuar menilai bahwa persoalan diksi radikalisme yang ada di Indonesia masih belum tuntas. Belum ada persamaan persepsi antara masyarakat dengan pemerintah bahkan dengan aparat penegak hukum sekalipun.

“Radikalisme itu adalah menurut KBBI, paham pembaharuan yang menghendaki perubahan,” kata Aziz dalam dialog Ruang Tamu Holopis Channel dengan tema ‘Lawan Radikalisme atau Islamofobia’, Kamis (24/3).

Jika menilik dari penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seharusnya diksi radikalisme bisa berdenotasi positif dan negatif.

Aziz pun memberikan contoh radikalisme yang positif adalah hijrahnya seseorang dari perilaku dan kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik.

“Misal, orang (suka) mabuk, judi dan dia muslim, mau merubah dirinya sehingga memperbanyak salat, taubat, itu kan radikal. Merubah sesuatu yang baik itu boleh asal sesuai aturan,” ujarnya.

Jika makna radikalisme seperti yang ia contohkan itu, maka siapapun boleh melakukan dan justru harus didukung oleh semua pihak.

Hanya saja, ketika radikalisme itu justru mengarah kepada perilaku negatif, maka ia pun pasti ikut menentangnya.

“Tapi kalau dia mau merubah dengan cara bom sana, bom sini ya itu bodoh, ya nggak boleh,” terangnya.

Kemudian, Aziz pun memberikan contoh radikalisme yang buruk, yakni Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Ia menilai, bahwa para kelompok KKB tersebut sebenarnya ingin mencari kemerdekaannya sendiri karena penerimaan yang kemungkinan tidak baik terhadap mereka atas situasi yang ada di Papua.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...

Santri Habib Rizieq Disiram Air Panas Seniornya Sendiri, Kasus Ditangani Polres Bogor

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Juru bicara Habib Rizieq Shihab, Aziz...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru