JAKARTA, HOLOPIS.COM KM Kelud milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), telah selesai menjalankan tugasnya sebagai akomodasi terapung selama gelaran MotoGP Mandalika. Selama beroperasi, KM Kelud telah melayani sebanyak 1.391 orang.

Menurut Pjs Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI, Opik Taupik, jumlah tamu yang diberikan layanan lebih banyak 10 persen dari jumlah tamu yang melakukan reservasi secara online melalui email sejumlah 1.264 orang.

“Akomodasi terapung ini merupakan program inisiatif dari Kementerian Perhubungan dan kehadirannya telah menjadi sebuah alternatif bagi para penonton MotoGP yang kesulitan mendapatkan penginapan,” kata Opik dalam keterangannya, Rabu (23/3).

Setelah selesai bertugas, KM Kelud akan kembali dijadwalkan untuk melayani penumpang mulai 25 Maret 2022. “KM Kelud dijadwalkan kembali melayani penumpang pada pelayaran 25 Maret dengan keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta,” ujar Opik.

Opik pun merinci pelayaran pada periode pelayaran 25 Maret hingga 31 Maret mendatang, KM Kelud akan melayari rute Tg. Priok – Kijang – Batam – Belawan (PP). Sedangkan untuk pelayaran periode 1 April hingga 7 April, KM Kelud dijadwalkan melayari rute Tg. Priok – Batam – Tg. Balai Karimun – Belawan (PP).

Dalam kesempatan tersebut, Pelni selaku pengelola kapal ucapkan terima kasih kepada Kemenhub yang telah memberikan kepercayaan melalui penugasan KM Kelud sebagai akomodasi terapung, serta seluruh pemangku kepentingan terkait yang telah bekerja sama menyukseskan program ini.

“Pelni siap untuk mendukung program-program Pemerintah yang akan datang sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, dan BUMN,” pungkasnya.