Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizJurus Anyar Pemerintah Atasi Carut Marut Minyak Goreng

Jurus Anyar Pemerintah Atasi Carut Marut Minyak Goreng

Dalam Permenperin Nomor 8/2022 itu juga mengatur terkait proses bisnis program minyak goreng sawit curah subsidi, yang mulai dari tahap registrasi, produksi, distribusi, pembayaran klaim subsidi, hingga larangan dan pengawasan.

Di mana ia menjelaskan, bahwa pada tahap registrasi nanti, semua perusahaan industri minyak goreng sawit diwajibkan untuk mendaftar dalam keikutsertaan program. Nantinya, akan ada 81 perusahaan industri yang diwajibkan untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam program ini.

Untuk proses selanjutnya, yakni registrasi akan dilakukan melalui Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) Kemenperin. Dalam tahap ini, industri diminta menyampaikan data dan dokumen tentang sumber dan volume bahan baku, daftar distributor, sampai pada tingkat kabupaten/kota.

“Kami wajibkan semua industri minyak goreng sawit mendaftar melalui SIINas dan bagi perusahaan industri yang tidak mendaftar, akan dikenakan sanksi,” ujar Agus melalui keterangan resmi, Rabu (23/3).

Dari data dan dokumen tersebut, lanjut Agus, akan melalui tahap verifikasi oleh Kemenperin hingga mendapat nomor registrasi paling lambat dalam tiga hari kerja. Kemudian, perusahaan industri menandatangani perjanjian pembiayaan penyediaan minyak goreng curah dengan Direktur Utama BPDPKS paling lama lima hari setelahnya.

Lalu untuk tahap selanjutnya, Kemenperin akan menetapkan alokasi produksi serta distribusi wilayah dari masing-masing produsen minyak goreng sawit curah.

Adapun industri yang telah memproduksi dan mendistribusikan produknya dapat mengajukan klaim kepada BPDPKS melalui platform SIINas. Dari klaim tersebut, pihak BPDPKS. mentransfer dana subsidi pada rekening produsen sesuai dengan bukti klaim yang telah diverifikasi tersebut.

“Kami mengupayakan agar pembayaran klaim subsidi dari BPDPKS ke industri sesingkat mungkin dengan secara digital dan sangat memperhatikan good governance,” kata Agus.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.