JAKARTA, HOLOPIS.COM Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin berencana menerapkan kebijakan vaksin dosis ketiga atau Booster sebagai syarat untuk mudik Lebaran 2022.

Untuk itu, ia mengimbau kepada para pemudik agar segera melengkapi vaksinasi hingga dosis booster.

“Nanti booster itu kita ingin jadikan sebagai syarat kalau nanti orang mau mudik. Selain vaksinasi sudah lengkap, dua kali, juga harus sudah dibooster,” kata Wapres Ma’ruf Amin, Selasa (22/3).

Dalam kesempatan yang sama, Wapres juga menyampaikan akan melonggarkan ibadah di bulan Ramadan, dengan melihat situasi Pandemi Covid-19 yang mulai terkendalinya.

Bahkan, kata Ma’ruf, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah membuat fatwa tentang ibadah saat bulan Ramadan.

“Saya kira karena pandemi karena ini sudah mulai turun, anggap sudah hampir terkendali dan semua sudah dibuka bahkan sudah tidak lagi ada karantina, maka tempat ibadah pun sudah dimulai berikan kelonggaran dan sudah ada fatwa dari Majelis ulama untuk bisa menyelenggarakan dengan seperti biasa,” katanya.

Kendati demikian, Wapres mewanti-wanti masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) mengingat pandemi belum berakhir.

“Ini vaksinasi menjadi penting karena untuk kekebalan komoditas itu kan salah satu faktor pentingnya adalah yaitu vaksinasi. Kemudian yang lansia akan terus didorong,” ujarnya.