Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

VIRAL: Sampah Menumpuk Pasca MotoGP Mandalika 2022, Petugas Kebersihan Curhat di Medsos

LOMBOK, HOLOPIS.COM – Masih hangat diingatan bagaimana ramainya pertandingan MotoGP Mandalika 2022 berlangsung. Namun, ternyata ada yang tertinggal dari event besar tersebut yaitu sampah yang menggunung.

Salah seorang dari petugas kebersihan di sirkuit Mandalika menuangkan curahan hatinya melalui cuitan di akun twitternya yang menjadi viral di media sosial.

“Capek banget jadi petugas kebersihan MotoGP Mandalika. Penontonnya ninggalin barang aneh-aneh lagi,” cuit @Muhammad_Getar

Dalam unggahan fotonya di beberapa cuitan yang dibuat bersambung (thread) tersebut terlihat banyaknya sampah mulai dari kotak makanan cepat saji, botol-botol minuman, jas hujan sekali pakai, bahkan yang anehnya ada souvenir dari DKI Jakarta sampai brosur petunjuk wisata kota Jakarta.

Souvenir dan brosur Wonderful Jakarta jadi salah satu penyumbang sampah di sirkuit Mandalika setelah pertandingan berlangsung. (Dok. Twitter @Muhammad_Getar)
Souvenir dan brosur Wonderful Jakarta jadi salah satu penyumbang sampah di sirkuit Mandalika setelah pertandingan berlangsung. (Dok. Twitter @Muhammad_Getar)

Muhammad menjelaskan jumlah personil petugas kebersihan ada sekitar 500 orang yang terdiri dari tenaga WSBK lalu, ditambah dengan rekrutan petugas baru.

“Tenaga kebersihannya sebetulnya banyak banget. Kurleb 500 orang. Diambil sebagian dari tenaga WSBK kemarin sama rekrutan baru,” ujarnya.

Bahkan Muhammad juga menjelaskan bagaimana cara kerja shifting petugas kebersihan di sirkuit Mandalila khusus untuk event MotoGP ini.

“Dibagi jadi dua shift. Long shift dari pukul 06.00 – 18.00 dan short shift 17.00 – 24.00,” lanjutnya.

Muhammad juga mengeluhkan jadwal shiftnya yang kebetulan ia dapatkan tepat setelah pertandingan berlangsung, yang artinya saat tersebutlah puncaknya sampah menumpuk dari sisa-sisa yang dibuang dan ditinggalkan penonton di tribun begitu saja.

“Kebetulan saya dapatnya yang short shift. Tepat habis race. Kebayang kan gimana sampahnya?,” keluhnya.

Namun Muhammad berseloroh ia bukan sedang menjelek-jelekkan sirkuit bertaraf internasional tersebut, justru yang ia salahkan adalah perilaku penonton yang tidak tertib dalam membuang sampah.

“Yang jelek ya penontonnya. Yang unggah foto tapi ninggalin barang. Yang makan setengah lalu ditinggal,” ucapnya.

Sontak cuitan yang dibuat thread atau kultwit tersebut langsung diserbu oleh netizen, bahkan akun twitter resmi MotoGP mengikuti topik yang dibuat Muhammad.

Beberapa netizen justru mengeluhkan bahwa mereka kesulitan mencari tempat sampah karena minimnya tempat sampah di tribun, namun itu bukan alasan untuk membuang sampah sembarangan.

“Kemarin nonton, emang pas ditribun ga ada tempat sampah. Harusnya sih sampah sendiri dibawa ya, karena pas mau keluar dari tribun ada tempat sampah,” komentar akun @zacktores.

“Nggak perlu alesan ‘tempat sampahnya banyak nggak?’ Kalo emang niat ga buang sembarangan kan bisa nohh disimpen dulu sampahnya sampe nemu tempat sampah baru dibuang, contoh nohh pendukung jepang pas pildun, sengaja bawa trash bag buat bebersih abis selesai laga,” ujar akun @kahunalagunaaaa.

“Orang indo kalo ga nyampah pantatnya kelap kelip apa gimana?,” cuit nyeleneh akun @Roraaaa_.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru