Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Eks Napiter Bom Bali Ingatkan Gunung Jadi Tempat Favorit Latihan Kelompok Radikalis

MAGETAN, HOLOPIS.COMSebagai upaya menjaga Gunung Lawu agar tetap lestari dan mencegah agar tidak dirusak atau digunakan untuk hal-hal negatif, khususnya oleh kelompok radikal teror, Satgas Gunung Lawu melaksanakan apel siaga di lapangan pos pendakian Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

Dalam apel satgas itu juga menghadirkan Ustadz Joko Trihermanto alias Ustad Jakc Harun, mantan narapidana teroris asal Jateng untuk turut mengedukasi dan berbagi pengalaman bagaimana gunung dapat dimanfaatkan kelompok radikal terorisme.

Kepada peserta apel siaga Satgas Gunung Lawu, Ustadz Jack Harun memberikan pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang potensi gunung yang digunakan oleh kelompok radikal atau ektremisme. 

Jack Harun membagikan kisah di mana ia bergabung di kelompok Jamaah Islamiyah (JI) dan merupakan tokoh Bom Bali dan sangat dekat dengan Dr Azahari. Hal itu membuat Ia akhirnya tertangkap dan menjalani hukuman sebagai narapida teroris.

Namun, setelah bebas ia menyadari bahwa apa yang selama ini dijalani adalah keliru. Dan kini Ustadz Jack Harun sangat aktif dalam mengedukasi masyarakat agar tidak sampai terpapar atau terjerumus dalam paham radikalisme / terorisme.

Selama bergabung dengan kelompok JI, Jack Harun punya pengalaman sering melakukan pelatihan (i’dad) dengan mendaki gunung. Gunung memang relatif menjadi tempat aman untuk berlatih fisik kelompok radikal. Oleh karena itu ia berpesan kepada anggota Satgas gunung lawu untuk mewaspadai itu semua. 

“Waspadai identitas, ciri fisik dan perilaku ataupun barang bawaan mereka,” kata Jack Harun, Minggu (20/3).

Satgas Gunung Lawu dibentuk oleh sejumlah relawan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gunung Lawu di Jatim dan Jateng, serta di didukung oleh Perhutani KPH Lawu Ds.

Asper BKPH Lawu Selatan, Puguh Yudhi saat memimpin Apel menyatakan, Gunung Lawu sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa telah banyak memberi manfaat bagi manusia. Di antaranya dalam aspek ekonomi, sumber air dan pangan, tempat keanekaragaman hayati ataupun wisata pendakian. 

Dengan demikian sudah semestinya menjadi kewajiban bagi setiap insan untuk menjaga Gunung Lawu dan kawasan hutan agar senantiasa lestari dan terjaga ekosistemnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kapten Philip Mehrtens Diterbangkan ke Jakarta

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letnan Jenderal TNI Bambang Trisnohadi menyampaikan bahwa pihaknya tengah menerbangkan pilot maskapai penerbangan Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens yang telah berhasil diselamatkan dari tangan KKB Papua.

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru