JAKARTA, HOLOPIS.COM Ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat berada di negara Ukraina telah berhasil dievakuasi ke jalur aman di saat invansi dari Rusia masih terus berlangsung.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, yang terbaru saat ini mereka telah berhasil mengevakuasi 9 orang WNI dari Kota Chernihiv.

“Dengan telah dievakuasinya 9 WNI dari Chernihiv, maka 133 WNI telah dievakuasi dengan selamat dari Ukraina. Dengan demikian, seluruh proses evakuasi sudah dapat dilaksanakan,” kata Retno (18/3).

Retno menjelaskan, 9 orang yang baru saja dievakuasi tersebut akan segera diterbangkan ke Indonesia pada Minggu (20/3) mendatang menggunakan pesawat komersial. Meskipun begitu, ternyata masih ada puluhan WNI yang bersikeras bertahan di Ukraina dengan kondisi tidak menentu saat ini.

“Terdapat 23 WNI yang memilih tinggal di Ukraina, rata-rata karena alasan keluarga,” ungkapnya.

Retno kemudian mengapresiasi pihak pihak yang telah membantu proses evakuasi WNI untuk keluar dari zona berbahaya selama invansi berlangsung.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, yang telah bekerja keras, bahu-membahu, dalam membantu pelaksanaan evakuasi WNI ini. Dan saya juga sampaikan terima kasih atas kerja sama dan kesabaran teman-teman 9 WNI, karena tanpa kerja sama dan kesabaran mereka tidak mungkin evakuasi ini dapat kita lakukan dengan selamat,” pungkasnya.