Selasa, 24 September 2024
Selasa, 24 September 2024
NewsEkobizKemendag: Tren Kenaikan Harga Kedelai Dunia Akan Berlanjut Hingga Ramadan 2022

Kemendag: Tren Kenaikan Harga Kedelai Dunia Akan Berlanjut Hingga Ramadan 2022

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kementerian Perdagangan memproyeksikan kenaikan harga komoditas kedelai terus berlanjut hingga memasuki bulan suci Ramadan 2022.

Hal ini seiring terus meningkatnya permintaan global yang tidak diimbangi dengan produksi yang memadai.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mencatat, per Maret 2022, harga kedelai telah menembus level USD 617 per ton. Padahal, sebelum pandemi Covid-19 berlangsung harga tertinggi kedelai hanya mencapai USD 345 ton.

“Artinya kenaikan harga kedelai selama dua tahun pandemi itu cukup besar. Selama dua tahun ini kita lihat kenaikannya sangat besar sekali yaitu 92 persen,” tuturnya dalam webinar ICMI, ditulis Sabtu (19/3).

Padahal, lanjut Oke, Indonesia masih bergantung terhadap kedelai impor untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Yakni, mencapai hingga 90 persen.

“90 persen kebutuhan kedelai itu dipenuhi dari impor,” tekannya.

Untuk itu, Kemendag terus melakukan pertemuan dengan para importir guna mengantisipasi tren kenaikan kedelai dunia. Selain itu, Kemendag juga terus menyakinkan importir untuk tetap membeli kedelai agar dapat memenuhi kebutuhan domestik yang mencapai 240.000 ton per hari.

“Pemerintah juga telah melakukan komunikasi publik dan edukasi di masyarakat kemungkinan harga kedelai ini naik terus menyentuh puasa,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tak Lagi Berkilau, Harga Emas Antam Hari ini Turun Rp 12.000 Per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Lagi-lagi Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau masih belum mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini ini, Selasai 24 September 2024.

Hari Ini, IHSG Berpotensi Rebound Lagi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mencoba untuk rebound lagi ke level yang lebih tinggi pada perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024.

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.