JAKARTA, HOLOPIS.COM – Jumlah kematian akibat Covid-19 secara global mengalami penurunan hingga 17%, hal tersebut diungkapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“(Angka kasus) tetap harus diiringi dengan kehati-hatian, seiring dengan banyak negara yang mengubah strategi pandemi Covid-19 mereka,” demikian pernyatan resmi Organisasi Kesehatan Dunia dikutip dari ABC News, (16/3).

Kemudian, kekhawatiran tentang akan banyak kasus yang terdeteksi pun meningkat setelah beberapa negara mulai melonggarkan peraturan testing Covid-19.

Meskipun jumlah kematian menurun, namun kasus infeksi baru justru mengalami peningkatan. Peningkatan terbesar terjadi di Pasifik Barat dan Afrika, di mana infeksi meningkat masing-masing sebesar 29% dan 12%.

Sementara itu, Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Serikat mengalami penurunan kasus lebih dari 20%. Di Eropa, justru terjadi kenaikan kasus sebesar 2%.

China, di mana kasus Covid-19 pertama ditemukan saat ini mengalami kemunduran pandemi Covid-19 dengan meningkatnya jumlah kasus secara signifikan.

China telah melarang warganya untuk meninggalkan wilayah dengan kasus Covid-19 tinggi akibat varian Omicron yang lebih mudah menular.