JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Partai Buruh Said Iqbal meminta Presiden Joko Widodo untuk memecat Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag).

“Partai buruh meminta bapak presiden Jokowi memecat atau memberhentikan menteri perdagangan,” kata Said dalam konferensi pers virtual, Kamis (17/3).

Menurutnya, Muhammad Lutfi sebagai pembantu Presiden dinilai gagal dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pangan, khususnya mengenai kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng.

“Gagal menjadi pembantu pembantu presiden Jokowi dalam mengamankan ketersediaan pangan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyoroti terkait penyataan Mendag Lutfi yang menuding masyarakat menimbun minyak goreng. Padahal fakta di lapangan, kata Said, terjadi sebanyak 400 juta liter minyak goreng berubsidi yang harusnya untuk rakyat, justru diekspor ke negara lain.

“Menyakitkan rakyat menteri perdagangan ini, yaitu mengatakan rakyat menimbun minyak goreng padahal dijual eskpor,” tuturnya.

“Ini jahat sekali menteri perdagangan 400 juta liter bersubdisi diekspor di tengah masyarakat menjerit dengan kelangkaan dan harga yang mahal,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia pun mengancam akan menggelar aksi yang akan berlangsung secara serentak apabila harga-harga bahan pokok tidak menurun, terlebih menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

“Partai buruh akan melakukan aksi di seluruh indonesia dengan satu tuntutan turunkan harga bahan pokok,” ancamnya.