JAKARTA, HOLOPIS.COM – Di Indonesia, ada hari peringatan khusus untuk perawat yang telah mendedikasikan seluruh tenaga dan kontribusinya di bidang kesehatan.

Hari Perawat Nasional diperingati setiap tanggal 17 Maret, bermula saat organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mengapresiasi dedikasi para perawat di Indonesia.

Lantas bagaimanakah sejarah terbentuknya Hari Perawat Nasional?

Sejarah Hari Perawat Nasional

Setiap tahunnya, Indonesia memperingati Hari Perawat Nasional dan tahun ini merupakan Hari Perawat Nasional yang ke 48 tahun.

Hari peringatan ini terbentuk dari organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan organisasi ini dibentuk agar para perawat berada di dalam organisasi profesi sehingga tidak kehilangan arah.

Pada tahun 1921, PPNI sempat mengalami perubahan nama, sebelumnya bernama Perkumpulan Kaum Velpleger Boemibatera (PKVB).

Semenjak lahirnya Sumpah Pemuda pada tahun 1928, terjadilah perubahan nama PKVB menjadi Perkumpulan Kaum Velpleger Indonesia (PKVI), dan nama ini bertahan hingga tahun 1942.

Di saat masa penjajahan Jepang, profesi perawat di Indonesia mengalami kemunduran. Saat itu juga pelayanan yang seharusnya dikerjakan oleh orang-orang yang mengerti ilmu perawat, justeru dikerjakan oleh meraka yang tak memahami ilmu perawat. Bahkan organisasi tersebut juga tidak terarah.

Tepat tanggal 17 Agustus 1945 bersama dengan hari kemerdekaan Indonesia, dibentuk lah 3 organisasi profesi keperawatan, yaitu:

  • Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI)
  • Persatuan Djuru Rawat Islam (PENJURAIS)
  • Serikat Buruh Kesehatan (SBK)

Namun, pada tahun 1951 terjadilah pembaharuan organisasi profesi keperawatan, yang saat itu nama PDKI dipakai sebagai konsolidasi organisasi profesi tanpa mengikutsertakan SBK, dengan alasan SBK terlihat dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pada tahun 1959 hingga 1974, terjadi pengelompokan organisasi keperawatan, kecuali SBK yang bergabung menjadi satu organisasi profesi tingkat Nasional dengan nama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Hingga saat ini PPNI masib terus digunakan dan resmi dipakai sebagai nama organisasi keperawatan di Indonesia, dan berawal dari sejarah itulah hari peringatan ini terjadi.

Lantas apakah tema peringatan Hari Perawat Nasional pada tahun ini?

Tema Hari Perawat Nasional

Hari Perawat Nasional tahun ini memiliki tema “Perawar Bersama Rakyat, Menuju Bangsa Sehat, Bebas dari Covid-19”.

Tema ini terpilih karena saat ini Indonesia masih berjuang melawan virus Covid-19, dan perawat lah yang sudah menjadi garda terdepan dalam sektor kesehatan masyarakat, walaupun saat ini Indonesia sudah semakin membaik, tetapi risiko penyebaran virus harus tetap diwaspadai.

Hari peringatan di tahun ini dijadikan momentum juga untuk mengingat kembali komitmen diri seorang perawat sebagai pelayan kesehatan masyarakat, dan komitmen inilah dijadikan penyemangat bagi perawat untuk tetap melaksanakan tugasnya di segala situasi dan yang paling penting saat ini Indonesia bisa bebas dari Covid-19.