JAKARTA, HOLOPIS.COM – Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mendesak pemerintah untuk melantik komisioner KPU dan anggota Bawaslu 2022-2027 terpilih tepat waktu pada April 2022.

Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Agustyati mengingatkan 11 April 2022 mendatang anggota KPU-Bawaslu periode 2017-2022 telah berakhir masa baktinya.

“Jangan ditunda setelah April, pelantikan harus tepat waktu. Seharusnya pelantikan di 11 April itu,” kata Khoirunnisa, Rabu (16/3).

Khoirunnisa menyebut pelantikan komisioner KPU biasanya dilakukan saat berakhirnya masa jabatan KPU periode sebelumnya. Karenanya, Ia menilai sudah pas bila pelantikan nanti dilakukan pada April 2022.

“Justru kalau pelantikannya dipercepat, ada konsekuensi misalnya harus memberikan kompensasi kepada anggota KPU yang lama karena sebelum mereka habis masa jabatannya sudah ada pelantikan yang baru,” ujarnya.

Di sisi lain, Khoirunnisa mengatakan para anggota KPU yang kini masih menjabat sudah membahas mengenai berbagai persiapan tahapan Pemilu 2024. Ia berharap para anggota KPU baru tinggal melanjutkan saja persiapan tersebut.

“Sebetulnya kerja KPU adalah kerja institusi, sehingga apa yang sudah bisa dikerjakan dari sekarang sebaiknya dikerjakan dari sekarang walaupun KPU-nya masih yang lama,” katanya.