Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Aksi Demo Anarkis di Papua Berujung Maut, Polda Papua Perketat Pengamanan

PAPUA, HOLOPIS.COMPolda Papua memperkuat pengamanan di Kabupaten Yahukimo pasca meninggalnya dua orang dalam aksi demonstrasi yang berujung maut pada Selasa (15/3).

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengungkapkan, pihaknya hari ini telah mengirimkan tambahan dua peleton Brimob guna menambah perkuatan personel untuk membantu Polres Yahukimo menangani kamtibmas.

“Setelah aksi anarkistis yang dilakukan pendemo di Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo, Papua, dua peleton Brimob itu akan diterbangkan,” kata Mathius, Rabu (16/3).

Aksi demo penolakan pemekaran wilayah pemerintahan yang berujung anarkistis itu menyebabkan anggota Polres Yahukimo mengambil tindakan tegas karena demonstran merusak dan membakar ruko didekat Kantor Kominfo Kabupaten Yahukimo yang menjadi lokasi aksi demonstrasi.

Mathius mengklaim bahwa disinyalir ada yang memprovokasi aksi anarkistis itu, namun apakah provokator itu kelompok KNPB atau bukan masih didalami, termasuk apakah penanganan oleh anggota Polres Yahukimo sudah sesuai prosedur tetap penanganan atau tidak.

Semua hal itu akan diselidiki oleh Propam Polda Papua seraya menambahkan dua orang meninggal, dua orang luka tembak dan seorang polisi terluka.

“Dua warga dilaporkan meninggal yakni Yakob Dell (30 th) dan Erson Weibsa (20 th), dua orang yang luka tembak yaitu Itos Itlay dan Lucky Kobak serta seorang anggota Polres Yahukimo dilaporkan terluka yakni Briptu Muhammad Aldi,” ungkapnya.

Terkait aksi pembakaran hingga kini belum ada laporan lengkapnya karena terjadi di beberapa lokasi.”Anggota masih melakukan pendataan terkait pembakaran yang dilakukan para pendemo,” kilahnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, Polda Papua sendiri saat ini tengah menyiagakan personel tambahan untuk mengantisipasi bentrok susulan pasca-demo penolakan daerah otonomi baru (DOB) berakhir ricuh di Kabupaten Yahukimo.

“Untuk rencana pengiriman personel, saya minta kepada wadansat untuk nanti 2 pleton Brimob dikirimkan ke Kabupaten Yahukimo dengan membawa gas air mata,” jelas Kamal.

Saat ini 200 personel yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz tengah berjaga di Kabupaten Yahukimo. Selanjutnya dilaporkan ada tambahan 400 personel anggota polres Yahukimo.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kapten Philip Mehrtens Diterbangkan ke Jakarta

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letnan Jenderal TNI Bambang Trisnohadi menyampaikan bahwa pihaknya tengah menerbangkan pilot maskapai penerbangan Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens yang telah berhasil diselamatkan dari tangan KKB Papua.

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru