Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tanggapi Wacana Penundaan Pemilu, Yanuar Nugroho: Tandingi Dengan Wacana Penolakan

JAKARTA, HOLOPIS.COMMantan Deputi II Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Yanuar Nugroho buka suara soal wacana penundaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang makin gencar diserukan, baik oleh Partai Politik maupun Ormas.

Ia pun menyoroti terkait penyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut bahwa wacana perihal penundaan kontestasi lima tahunan tersebut tak bisa dilarang, karena bagian dari demokrasi. Yanuar pun membenarkan pernyataan tersebut.

“Betul kata Pak Jokowi, wacana penundaan pemilu tak bisa dilarang,” kata Yanuar dalam cuitannya di akun @yanuarnugroho yang dikutip, Selasa (15/3).

Berkaca dari itu, mantan peneliti di Manchester University itu menyarankan agar wacana penundaan tersebut, dilawan dengan wacana penolakan pemilu.

“Jadi, ditandingi saja wacana itu dengan wacana penolakan penundaan pemilu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yanuar juga mengatakan bahwa membiarkan penundaan Pemilu justru akan mematikan demokrasi yang disebutnya baru seumur jagung.

Pendiri yang sekaligus penasihat Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG) ini pun mewanti-wanti agar kekelaman di masa orde baru tidak kembali terulang.

“Demokrasi yang baru seumur jagung di negeri ini jangan dibiarkan mati. jangan ulangi kelamnya sejarah orde baru,” tuturnya.

Seperti diketahui, wacana penundaan Pemilu saat ini kian senter dibicarakan, setelah diusulkan tiga Ketua Umum Partai, yaitu Partai Golkar, PKB dan PAN.

Bahkan baru-baru ini, salah satu Menteri Koordinator di Kabinet Indonesia maju jilid II, yakni Menko Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim bahwa dirinya mempunyai big data 110 juta masyarakat mendukung pemilu ditunda.

 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru