JAKARTA, HOLOPIS.COM Penulis lagu yang mengklaim penyanyi Ed Sheeran menjiplak karyanya mengaku sangat terkejut saat pertama kali mendengar lagu ‘Shape of You’. Saat itu, ia mengaku sedang mengendarai mobil hingga harus menepi sejenak.

“Saya ingat saat pertama kali mendengar lagu ‘Shape Of You’ Ed Sheeran, saya sedang di dalam mobil bersama kekasih saya. Ketika lagu itu muncul di radio, saya dan kekasih saya terkejut dengan kemiripan lagu itu dengan Oh Why,” Kata Sami Chokri.

Sami Chokri dan musisi Ross D’Onoghue mengklaim bahwa lagu ‘Shape Of You’ Ed Sheeran yang dirilis tahun 2016 telah menjiplak bagian dari lagu mereka berjudul ‘Oh Why’ yang dirilis tahun 2015.

Tak hanya itu, melansir Skynews (15/3), Chokri juga sempat menuliskan bahwa ia sebenarnya ingin Sheeran mendengar karyanya agar dipromosikan, apalagi Sheeran dan Chokri sama-sama pernah bekerja dengan founder SBTV, Jamal Edwards, dan pernah rekaman di studio yang sama.

Sementara itu, Ed Sheeran mengatakan ia ingin membersihkan namanya dan menyangkal semua tuntutan terhadapanya.

Sheeran dan para rekan penulisnya mulai proses pengadilan pada Mei 2018 dan meminta Pengadilan Tinggi untuk menyatakan bahwa mereka tidak melanggar hak cipta Chokri dan O’Donoghue.

Lalu pada 2018, Chokri dan O’Donoghue mengklaim pelanggaran hak cipta, meminta ganti rugi dan keuntungan dari lagu tersebut karena dugaan pelanggaran.

Saat ini, pengadilan sengketa hak cipta lagu Ed Sheeran yang diperkirakan akan berlangsung selama 3 minggu masih terus berjalan.