Rencananya, kemah tersebut akan diikuti oleh 34 Gubernur di seluruh Indonesia. Namun saat acara seremonial penyatuan tanah dan air dari seluruh pelosok nusantara selesai, sebanyak 33 (tiga puluh tiga) Gubernur memilih untuk kembali ke daerah masing-masing.

Kemudian, hanya sisa 1 (satu) Gubernur saja yang memilih mengikuti kemah bersama dengan Presiden Joko Widodo, yakni Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Selain itu, ada beberapa orang juga megikuti kemah, yakni Kepala Otorita Pak Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita Pak Dhony Rahajoe.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi melalui pesan singkat mengatakan, bahwa selama berkemah di Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Nusantara tidak ada makanan khusus untuk Presiden, pihak istana hanya menyediakan kue, buah-buahan dan mie instan.

“Makanan biasa saja kue dan buah. Enggak ada makanan khusus, paling mie instan,” kata Heru.

Selain itu, Heru juga menyebut bahwa di tenda Presiden tidak dipasang AC. Semua acara perkemahan dilakukan sesederhana mungkin dan ala kadarnya.

“Ya menginap di tenda, isi tenda hanya kasur saja. Enggak ada (AC),” terangnya.

Menurut Heru Budi Hartono Presiden Jokowi bersama ibu negara Iriana akan berkemah hingga hari Selasa besok 15 Maret 2022.

“Sampai besok siang,” kata Heru Budi Hartono.

Terakhir, Heru juga mengungkapkan bahwa nantinya yang akan ikut bermalam ialah Pangdam dan Kapolda Kalimantan Timur Imam Sugianto. Dan seluruh keamanan di sekitar lokasi Presiden Jokowi berkemah dilakukan secara maksimal.

“Kemudian keamanan lainnya, di sekitar tenda terutama di sekitar VVIP sudah kita sebarkan garam dan sebagainya untuk mengantisipasi adanya binatang melata,” tuturnya.