JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) RI yakni Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya mengungkap, bahwa salah satu cara untuk mengurangi jumlah kematian akibat Covid-19 yakni dengan mempercepat vaksinasi.

Seperti yang dilansir dari Youtube Sekretariat Presiden Senin (14/3), percepatan vaksinasi terkhusus bagi lansia masih jadi yang utama karena dinilai sangat rawan untuk masuk ke Rumah Sakit.

“Bagaimana kita bisa mengurangi orang yang masuk ke rumah sakit dan orang yang meninggal adalah dengan memastikan percepatan vaksinasi,” ujarnya.

“Khusunya untuk lansia, ayah ibu kita, kakek nenek kita yang usia di atas 60 tahun karena sedah terbukti mereka adalah orang-orang atau segment populasi yang sangat rawan untuk masuk ke rumah sakit dan meninggal,” tambahnya.

Lanjut keterangannya, Menkes Budi mengharapkan bahwa semua pihak harus membantu meyakini mereka yang lansia atau yang belum vaksin agar melakukan vaksinasi minimal dosis dua ataupun dosis tiga.

“Kecepatan vaksinasi akan sangat menentukan perawatan di rumah sakit dan yang wafat, oleh karena itu tolong segera di vaksinasi, baik itu vaksinasi pertama, vaksinasi kedua maupun vaksinasi ketiga tanpa harus memilih jenis vaksinnya,” lanjutnya.

Dapat diketahui bersama, varian Omicron yang kini tengah menjamur memang memiliki tingkat resiko penyakit yang lebih rendah ketimbang varian delta. Namun memiliki tingkat penyebaran yang lebih cepat.

Terkait hal itu, Menkes Budi menyampaikan bahwa pihaknya juga telah melakukan penelitian terhadap pasien Covid-19 yang meninggal.