JAKARTA, HOLOPIS.COM Puncak dari gairah seksual adalah orgasme, dalam fase itu otot – otot akan tegang dan akan kendur secara perlahan. Tingkat oksitosin atau hormon cinta saat berhubung intim  akan meningkat, dan puncaknya akan pecah saat orgasme.

Namun orgasme bukan saja memberikan kenikmatan, tetapi juga memiliki manfaat khususnya bagi tubuh wanita terutama manfaat kesehatan. Apalagi, untuk mencapai orgasme membutuhkan waktu hingga klimaks.

Berikut ini beberapa manfaat dari orgasme bagi wanita, yang dirangkum dari berbagai sumber :

Memperlancar Siklus Haid
Sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang orgasme seminggu sekali, siklus haidnya lebih mungkin teratur yakni 26-33 hari dibandingkan mereka yang memiliki hubungan seks kurang atau lebih teratur. Saat wanita orgasme, maka darah dan nutrisi mengalir ke  vagina yang bisa optimalkan kesehatannya.

Meredakan Rasa Sakit
Laporan dari beberapa studi, mengatakan orgasme dapat meredakan rasa sakit. Seperti rasa sakit akibat radang sendi, rasa sakit setelah operasi dan bahkan rasa sakit pascapersalinan. Selain itu, nyeri dapat hilang dengan kombinasi hormon oksitosin dan endorfin

Resiko Penyakit Jantung Berkurang
Kadar hormon dehydroepiandrosterone (DHEA) dalam tubuh, akan meningkat saat orgasme. DHEA bermanfaat untuk, meningkatkan memori dan fungsi otak. Bahkan dalam sebuah studi, ditemukan bahwa hal itu bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Hilangkan Stres
seksolog Beverly Whipple mengutip hasil studi dari Carol Rinkleib Ellison dalam bukunya yang berjudul The Orgasms Answer Guide, menyebutkan orgasme dapat membuat tubuh rileks dan menghilangkan stres. Hal ini terjadi karena adanya pelepasan hormon oksitosin dari sel-sel saraf di hipotalamus ke dalam aliran darah.