Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cholil Nafis : Penetapan Kehalalan Produk Masih Wewenang MUI

JAKARTA, HOLOPIS.COMKetua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Cholil Nafis angkat bicara terkait polemik ketentuan halal usai pemerintah menerbitkan label halal Indonesia yang baru.

Menurutnya, pihaknya yang dalam hal ini MUI, masih berwenang dalam penetapan kehalalan suatu produk. Sebab, kata Cholil, penetapan tersebut berdasarkan pada sidang fatwa yang dilakukan oleh MUI.

“Yang menetapkan kehalalan suatu produk adalah sidang fatwa MUI yang melibatkan pihak terkait,” kata Cholil Nafis melalui cuitan di akun Twitternya @cholilnafis yang dikutip, Senin (14/3).

Ia pun menjelaskan, bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) hanya melakukan proses penjaminan halal.

Sedangkan pemeriksaan kehalalan produk di lapangan adalah tugas dari Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

“Proses penjaminan halal dilakukan BPJPH, sedangkan yang memeriksa lapangan/audit itu lembaga pemeriksa Halal/LPH,” ujarnya.

Lebih lanjut, saat disinggung mengenai logo halal MUI atau yang dalam hal ini adalah label halal yang lama, Cholil Nafis menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menetapkan logo resmi tersebut.

“MUI tak pernah menetapkan logo resmi halal meski itu yang beredar berlaku 5 tahun,” tukasnya.

Seperti diketahui, BPJPH Kemenag baru-baru ini resmi menetapkan label halal Indonesia terbaru. Kebijakan ini berlaku mulai 1 Maret 2022 secara nasional.

Ketetapan ini tertuang dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal sebagai pelaksanaan amanat Pasal 37 Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 2014.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru