JAKARTA, HOLOPIS.COM – Ukraina menuding, Belarus berencana untuk ikut menginvasi mereka dan menuduh Rusia mengajak sekutunya dalam ikut campur urusan peperangan.

“Ini adalah provokasi! Tujuan utamanya adalah untuk mengajak Pasukan Belarus ikut campur dalam perang dengan Ukraina,” demikian pernyataan dari Komando Angkatan Udara Ukraina, melansir CNA, Sabtu (12/3).

Sejauh ini, Belarus telah berfungsi sebagai pos pementasan untuk pasukan, rudal, dan pesawat Rusia, baik sebelum dan setelah Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari lalu.

Meski demikian, mereka belum mengerahkan pasukannya sendiri dalam pertempuran aktif di Ukraina.

Militer Ukraina telah menuduh pesawat Rusia menembaki desa-desa perbatasan Belarus dari wilayah udara Ukraina.

Tembakan itu kata Ukraina bertujuan untuk memberikan mereka alasan Belarus melakukan serangan. Kremlin pun belum memberikan tanggapan terkait tuduhan dari Ukraina.

Pejabat senior Ukraina juga mengatakan bahwa Rusia akan menggunakan segala macam cara untuk menarik Belarus ke dalam konflik. Meskipun Belarus tak mau menginvasi Urkaina.

“Kami juga mengetahui bahwa pemerintah Belarus telah melakukan segala cara agar bisa terhindar dari peperangan ini.” kata wakil menteri dalam negeri Ukraina, Yevheniy Yenin.

Tudahan tersebut muncul setelah pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

Pertemuan tersebut diperkirakan membahas serangan oleh Belarusia melintasi perbatasan utara Ukraina.