JAKARTA, HOLOPIS.COM – India mengaku tak sengaja menembakkan rudal ke Pakistan pada minggu ini karena kerusakan teknis saat melakukan perawatan rutin.

“Pada 9 Maret 2022, saat melakukan rangka pemeliharaan rutin, kerusakan teknis telah menyebabkan penembakan rudal yang tidak disengaja. Diketahui serangan rudal mendarat di area Pakistan. Meskipun insiden ini sangat kami sesalkan, kami merasa lega tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini,” kata Kementerian Pertahanan India, dilansir dari CNA, Sabtu (12/3).

Sementara itu, para pejabat di Pakistan mengatakan rudal tidak bersenjata itu jatuh di dekat kota Mian Channu, sekitar 500 km dari ibu kota Islamabad.

Meski demikian, kantor kemenlu Pakistan memanggil kuasa usaha India di Islamabad untuk mengajukan protes. Insiden tersebut dianggap bisa membahayakan penumpang di penerbangan dan juga nyawa warga sipil.

“(India) harus memperhatikan konsekuensi yang tidak menyenangkan dari kelalaian seperti itu. Langkah-langkah efektif juga harus diambil untuk menghindari kecelakaan serupa di masa depan.” Kata kantor Kementrian Luar Negeri Pakistan.

Penasihat Keamanan Nasional Pakistan Moeed Yusuf juga menegaskan bahwa New Delhi sangat tidak bertanggung jawab karena tak langsung memberitahu Islamabad setelah tak sengaja meluncurkan rudal.

Sebelumnya, pakar militer sudah pernah menjelaskan dan memperingatkan risiko kecelakaan atau kesalahan perhitungan oleh (negara) tetangga bersenjata nuklir.