Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Sejarah Terbitnya Surat Perintah 11 Maret 1966

JAKARTA, HOLOPIS.COMHari ini, Indonesia kembali melakukan flashback terhadap sejarah yang pernah terjadi di bumi Nusantara. Yakni terbitnya Surat Perintah 11 Maret yang disingkat menjadi Supersemar.

Supersemar adalah surat perintah yang ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno pada tanggal 11 Maret 1966. Di dalan surat tersebut, termaktub perintah yang menginstruksikan Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) Letnan Jenderal Soeharto untuk mengambil segala tindakan yang dianggap perlu untuk mengatasi situasi keamanan nasional yang buruk pada saat itu.

Lantas, apa yang melatarbelakangi keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966 oleh Presiden Soekarno saat itu?.

Perlu diketahui Sobat Holopis, bahwa pada tanggal 30 September 1965 lalu, kelompok yang menamakan dirinya sebagai Gerakan 30 September (G30S/PKI) membunuh enam jenderal senior angkatan darat. Nama Letnan Kolonel Untung sebagai pelaku disebut-sebut adalah aktor besar di balik kelompok tersebut.

Setelah aksi pembantaian keji terhadap enam orang Jenderal TNI dan membuang jenazah mereka ke sumur Lubang Buaya, kemudian mereka merebut kendali sementara di beberapa bagian pusat Jakarta dan mengeluarkan sejumlah keputusan atas Radio Republik Indonesia.

Letkol Untung saat itu bertugas sebagai komandan Cakrabirawa, sebuah tim khusus yang bertugas khusus mengawal Presiden Wakil Presiden. Namun karena terjadinya peristiwa G30S PKI itu, Letkol Untung dituduh ingin menggulingkan Presiden Sukarno demi kepentingan PKI.

Tiga hari pasca peristiwa tersebut, Sukarno kemudian menunjuk sendiri Soeharto, Panglima Komandan Cadangan Strategi AD (Pangkostrad) untuk menjadi pemimpin badan yang memiliki tugas melaksanakan pemulihan keamanan. Soeharto pun akhirnya menindaklanjuti perintah presiden dengan membentuk Komando Pemulihan dan Ketertiban (Kopkamtib) pada tanggal 10 Oktober 1965.

Singkat cerita, Soeharto dan pasukannya mengalahkan kelompok G30S/PKI. Kopkamtib pimpinan Soeharto berhasil menangkap orang-orang yang menjadi bagian dari kelompok Komunis, beberapa dibunuh atau dihukum mati seperti Letkol Untung.

Dikutip dari buku Soeharto: A Political Biography oleh R.E. Elson (2001), Elson mencatat sebanyak 1.334 orang terkait PKI ditangkap di Jakarta per 16 Oktober 1965. Diperkirakan lebih dari 400.000 anggota dan simpatisan partai ini tewas dibunuh tentara atau anggota organisasi masyarakat yang berafiliasi dengan musuh-musuh politik PKI pada periode 1965-1966.

Kemudian, pada tanggal 11 Maret 1966, Presiden Soekarno yang sedang melantik Kabinet Dwikora di Istana Merdeka Jakarta, terpaksa harus meninggalkan sidang lebih cepat. Kemudian, Soekarno bersama Wakil Perdana Menteri I Soebandrio dan Wakil Perdana Menteri III Chaerul Saleh diungsikan ke Istana Bogor, Jawa Barat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru