Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Michelin Siapkan 1.200 Ban Untuk Pembalap di MotoGP Mandalika

MANDALIKA, HOLOPIS.COM 30 jenis pilihan ban telah disiapkan oleh Michelin, untuk para pembalap yang akan berlaga di sirkuit Mandalika pada 18 – 20 Maret 2022. Jumlah pilihan ban ini, lebih sedikit dibandingkan musim lalu sebanyak 41 jenis pilihan ban.

Dalam keterangannya, Piero Taramasso  selaku Michelin Two Wheels Motorsport Manager mengatakan, ban – ban yang dianggap terlalu spesifik telah dieliminasi setelah melalui diskusi antara tim teknis Michelin Motorsport, tim balap dan pembalapnya sendiri.

Menurut Michelin, penyederhanaan jenis ban ini tetap mempertahankan tingkat performa yang sama dengan musim sebelumnya.

“Selain lebih memudahkan tim peserta untuk memilih tipe ban yang tepat, perampingan ini juga akan membantu mengurangi dampak lingkungan karena bahan baku yang digunakan berkurang, jumlah yang diproduksi juga turun sehingga lebih sedikit ban yang akan disimpan dan didaur ulang setelah digunakan,” kata Taramasso, Jumat (11/3).

Total ban yang disediakan Michelin ada 1.200 ban, yang diperuntukkan di setiap sirkuit balapan. Setiap pembalap akan diberikan 28 ban pasa setiap balapan, terdiri dari 15 ban depan dan 13 roda belakang. Namun, yang diperbolehkan untuk dipakai maksimal 10 ban depan dan 12 ban belakang dengan total 22.

Untuk komposisi penggunaan ban, diberikan langsung kepada para pembalap dengan alokasi ban depan dengan memilih maksimal lima ban dari setiap spesifikasi Soft, Medium, dan Hard. Untuk ban belakang, para rider dapat memilih maksimal enam ban Soft, empat ban Medium, dan tiga ban Hard.

Jika pembalap lolos babak kualifikasi Q1 dan Q2, mereka akan diberikan ban tambahan yang dapat dipilih sendiri dari tiga spesifikasi yang tersedia serta satu tambahan ban belakang jenis Soft.

Alokasi untuk ban hujan, pembalap akan dapatkan 15 ban hujan dengan rincian 7 ban depan dan delapan ban belakang. Ban ini dapat digunakan selama latihan bebas, babak kualifikasi, pemanasan, dan ajang balap utama, dengan maksimal penggunaan enam ban depan dan tujuh ban belakang.

 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BMW Eurokars Kebon Jeruk Jadi Diler Berkonsep Retail.Next di Jakarta Barat

BMW Group Indonesia meresmikan dealernya, dengakn konsep yang berbeda. Kali ini, BMW Eurokars Kebon Jeruk hadir dengan konsep Retail.Next dan tampilan yang mewah serta eksklusif.

Huawei Mau Ikut Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Huawei dikabarkan akan memperluar sayap bisnisnya di Indonesia, tidak hanya di pasar teknologi informasi dan komunikasi. Seperti diketahui, Huawei punya beberapa produk gadget yang dipasarkan di Indonesia.

Pabrik Handal Bekasi jadi Lokasi Perakitan Mobil Listrik Neta X

Mobil Listrik Neta X mulai dirakit di pabrik Handal, Bekasi, Jawa Barat. Ini menjadi produk kedua PT Neta Auto Indonesia yang dirakit di Indoensia, setelah sebelumnya ada Neta V-II.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru