JAKARTA, HOLOPIS.COM Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Gheberyesus mengatakan bahwa meskipun sudah berlangsung selama 2 tahun, pandemi Covid-19 masih jauh dari kata usai.

“Meskipun jumlah korban jiwa sudah menurun secara global, dan beberapa negara mengangkat peraturan Covid-19 mereka. Pandemi masih belum usai, dan takkan usai sebelum benar-benar selesai di semua wilayah.” Kata Gheberyesus dilansir dari CNA, Kamis (10/3).

Ia juga mengatakan bahwa ada peningkatan kasus pada pekan lalu di wilayah Pasifik Barat, dan mencatat sebanyak 3.9 juta infeksi.

“Virus (Covid-19) masih terus berkembang dan kami masih terus menghadapi kesulitan dalam mendistribusikan vaksin, tes, pengobatan, di mana pun dibutuhkan.” Kata Tedros.

Ia juga mengkhawatirkan testing yang semakin menurun karena membuat dunia global tak mengikuti perkembangan evolusi Covid-19.

Direktur Jenderal WHO tersebut pertama kali mengumumkan Covid-19 sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020.

Dua tahun kemudian saat ini, Tedros mengatakan virus tersebut masih terus berkembang dan menyebabkan gelombang indeksi di beberapa wilayah di dunia.