Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Punya Potensi Menarik, Sandiaga Uno Dorong Desa Cisaat Masuk ke Jaringan Desa Wisata

JAKARTA, HOLOPIS.COM Desa Cisaat di Subang, Jawa Barat, akan didorong untuk masuk Jaringan Desa Wisata (Jadesta). Dorongan tersebut dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, melalui ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Upaya tersebut dilakukan, karena melihat adanya potensi daya tarik alam, budaya, dan produk ekonomi kreatif di desa Cisaat.

“Kami mendukung Desa Cisaat ini menjadi desa wisata yang masuk dalam Jadesta bersama 100 desa wisata lainnya, insya Allah Kabupaten Subang akan menjadi JAWARA (Jaya, Istimewa, dan Juara). ADWI 2022 masih dibuka pendaftarannya sampai 31 Maret 2022,” kata Sandiaga, Minggu (6/3).

Sandiaga menjelaskan, jika di desa Cisaat ada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang berperan membangun potensi desa untuk bangkitkan ekonomi. Selain itu, juga membuka lapangan kerja seluas-luasnya, dan membuat masyarakat semakin sejahtera.

Oleh karena itu, Menparekraf akan mempersiapkan masyarakat desa Cisaat untuk bisa ambil peluang yang ada. Sehingga, bisa meningkatkan penghasilan warga setempat.

“Potensi Desa Cisaat yang bisa dikembangkan adalah potensi buah nanas, wisata edukasi susu sapi perah, dan satu program yang memiliki unsur keberlanjutan energi baru dan terbarukan, yaitu produk arang dari kayu mahoni yang sudah diekspor,” kata dia.

Sebagai informasi, desa Cisaat ditetapkan sebagai desa wisata oleh Bupati Subang sejak tahun 2016 silam. Sejak saat itu, desa Cisaat sudah didatangi sebanyak 1.254 wisatawan, dan pada tahun 2019 meningkat menjadi 1.850 wisatawan.

“Subang ini destinasi yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan Jakarta dan menawarkan potensi yang menarik bagi wisatawan. Yang bisa diunggulkan adalah wisata edukasinya karena lain dari pada yang lain, saya harapkan ini menjadi best practice bagi desa wisata lain,” ungkap Sandiaga.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asyik! Dufan Punya Beragam Promo Potongan Harga Tiket Hingga Akhir Agustus

Bagi Sobat Holopis yang ingin pergi ke Dufan bersama teman atau keluarga, bisa memanfaatkan promo hemat berlima yang sudah berlangsung sejak 1 Juli hingga 21 Agustus 2024.

TMII Kasih Promo Khusus 17 Agustus, Diskon Harga Tiket Hingga Konser Gratis

TMII (Taman Mini Indonesia Indah) tawarkan beragam promo menarik, saat HUT ke-79 bagi Sobat Holopis yang ingin datang pada tanggal 17 Agustus 2024.

Berkunjung ke Malaysia, Perlu Banget Ke Menara Petronas Loh!

Bila berpelesiran ke luar negeri, tak lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga yang satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru