JAKARTA, HOLOPIS.COM Sebuah video yang menunjukkan seorang emak-emak (ibu) berhijab memarahi petugas keamanan (satpam) di salah satu pusat berbelanjaan atau swalayan.

Video ini viral di Instagram dan dibagikan oleh sejumlah akun seperti akun @sampaiviral yang ditonton oleh lebih dari 6.600 pengguna Instagram.

Kejadian ini diduga tejadi di salah satu swayalan di daerah Pluit, Jakarta Utara.

“Terjadi perdebatan antara seorang ibu dengan seorang pria yang diduga security swalayan di daerah Pluit Jakarta, ketika salah satu pengunjung membawa anjing peliharaannya masuk ke dalam swalayan tersebut,” tulis akun @sampaiviral seperti dikutip, Sabtu (5/3).

Dalam video tersebut, terlihat seorang wanita paruh baya berhijab marah-marah kepada seorang satpam swalayan. Memarahi sang satpam karena mengizinkan salah seorang pelanggan membawa anjing peliharaannya masuk ke dalam swalayan.

Menurut ibu tersebut, membawa anjing ke dalam pusat perbelanjaan melanggar Peraturan Daerah (Perda) tanpa menyebutkan pasal yang dimaksud.

“Anda dari tadi pengamanan, itu ada anjing, tapi gak boleh. Ada Perda nya pak,” kata sang ibu.

Sambil marah-marah, sang ibu tersebut menunjuk seekor anjing yang saat itu digendong oleh pelanggan yang dimaksud.

Terlihat satpam tersebut mencoba meredam amarah ibu tersebut. Ia menyebut bahwa anjing tersebut merupakan peliharaan sehingga tidak ada masalah dengan Perda.

“Itu kan anjing peliharaan. Saya paham ada Perda, oke saya paham. Ibu jangan terlalu nyolot,” balas sang satpam.

Perkataan itu semakin menyulut kemarahan ibu-ibu berhijab itu. Ia menyebut masuknya anjing ke swalayan telah melanggar aturan yang ada.

Wanita itu juga mempertanyakan tindakan yang dilakukan sang satpam. Menurutnya, aturan di Indonesia harusnya tak memperbolehkan hal tersebut terjadi.

“Loh nyolot dong, ini melanggar aturan. Kok enggak ada tindakan? Kita ini di negara mana? Indonesia pak. Anda tahu aturannya? Itu suaranya (anjing), tidak boleh. Ini swalayan berada di Pluit,” tandas sang ibu.

Tak lama berselang, sang pelanggan yang membawa anjing itu akhirnya keluar dari swalayan. Namun sang ibu tersebut ikut keluar.

Ia tampak berbincang dengan pelanggan yang membawa anjing itu di luar swalayan.

Tidak jelas apa yang diperbincangkan keduanya, namun sang pelanggan yang membawa anjing tidak tampak emosi. Ia berusaha menjelaskan sambil menunjuk arah belakang kepada ibu tersebut.

Video perdebatan mengenai anjing masuk swalayan itu pun langsung menarik perhatian warganet. Sebagian mereka ada yang mendukung aksi ibu-ibu tersebut, sedangkan yang lainnya mengkritik kelakuan ibu tersebut karena dinilai berlebihan.

“La kucing yang jalan di bawah aja tidak boleh masuk, apalagi anjing yang digendong, apalagi pake troli, kalo next ada air liur gimana?” sahut salah seorang warganet.

“Setuju ibu, itu kan ada banyak sayuran,” timpal warganet lain.

“Biasa aja, yang punya swalayan aja nggak merasa rugi kalau ibu nggak belanja disitu, so kebersihan,” ujar warganet lainnya.