JAKARTA, HOLOPIS.COMSingapura ikut memberikan sanksi secara finansial kepada bank, entitas, serta kegiatan penggalangan dana yang menguntungkan pemerintah Rusia, demikian dikatakan oleh Kementrian Luar Negeri Singapura (MFA).

“Meskipun kami menghargai hubungan baik kami dengan Rusia dan masyarakatnya, kami tetap tidak bisa menerima pelanggaran pemerintahan Rusia terhadap kedaulatan dan integritas teritorial negara berdaulat lainnya,” demikian pernyataan resmi dari MFA, dilansir dari CNA, Sabtu (5/3).

MFA mengatakan, untuk negara kecil seperti Singapura, ini bukanlah prinsip teoritis melainkan preseden yang berbahaya. Ini sebabnya Singapura mengutuk keras serangan Rusia yang dianggap tidak beralasan.

Pemerintah Singapura juga akan memberlakukan kontrol ekspor pada barang-barang yang dapat digunakan Rusia sebagai senjata untuk melukai atau menaklukkan Ukraina, serta barang-barang yang dapat berkontribusi pada operasi siber ofensif.

Invasi skala penuh yang dilakukan Rusia kepada Ukraina pada Kamis (24/2), telah mencengangkan dunia. Sebuah keputusan oleh Putin yang telah mengabaikan berbagai macam ancaman negara barat dan sekutu.