JAKARTA, HOLOPIS.COM – PBB untuk pengungsi (UNHCR) mencatat lebih dari 1,2 juta orang pengungsi dari Ukraina imbas dari serangan Rusia. Mayoritas mengungsi ke negara tetangga terdekat mereka, Polandia. Per Kamis (3/2) lebih dari 1,2 juta pengungsi meninggalkan Ukraina sejak Rusia melakukan invasi ke negara itu pada 24 Februari lalu.

UNHCR mencatat lebih dari setengahnya mengungsi ke Polandia yang berbatasan langsung dengan Ukraina. Sisanya melarikan diri ke negara tetangga termasuk Hongaria, Slovakia, Moldova dan Rumania.

Sebanyak 650.000 pengungsi yang datang ke Polandia, sementara di Belarusia ada lebih dari 500 orang yang datang. Kemudian ke Slovakia sebanyak 90.000, Hungaria 145.000, Romania 57.000, Moldova 103.000 dan ke Rusia sebanyak 149.000.

Perang masih berlangsung di Ukraina. Bahkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir salah satu yang terbesar di negara itu telah dikuasai oleh Tentara Rusia. Bukan hanya itu, Rusia juga mulai mencoba mendekati PLTN kedua terbesar di negara itu.

Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda Rusia akan menghentikan invasi terhadap Ukraina yang pernah menjadi bagian dari negara itu saat masih bergabung dengan Uni Soviet.