JAKARTA, HOLOPIS.COM – Asosiasi Sepak Bola Rusia (RFU) akan mengajukan banding ke Court of Arbitration for Sport (CAS), selaku badan internasional untuk menyelesaikan perselisihan terkait olahraga.

RFU akan mengajukan sebuah gugatan terhadap FIFA dan UEFA yang berisi tuntutan agar timnas Rusia mendapat kesempatan bertanding, termasuk dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada pekan lalu, FIFA dan UEFA telah memutuskan timnas dan klub-klub Rusia ditangguhkan dari segala macam kompetisi yang berada di bawah naungan dua badan sepak bola tersebut terkait invasi Rusia ke Ukraina.

RFU menegaskan hukuman FIFA dan UEFA melanggar hak-hak dasar, prinsip olahraga dan permainan yang adil ketika mengambil hak klub Rusia dan tim nasional untuk bersaing.

“RFU akan menunutut pemulihan semua timnas pria dan wanita Rusia di berbagai macam turnamen sepak bola di mana mereka ambil bagian [termasuk di babak kualifikasi Piala Dunia di Qatar], serta kompensasi atas kerusakan,” tulis RFU dikutip dari Reuters.

“Guna memastikan kemungkinan partisipasi tim-tim Rusia dalam pertandingan yang dijadwalkan berikutnya, RFU akan menuntut prosedur yang dipercepat untuk mempertimbangkan kasus ini,” sambung pernyataan tersebut.

RFU akan mengajukan banding terhadap keputusan FIFA dan UEFA yang dinilai cacat hukum tersebut dalam waktu yang akan diumumkan kemudian.