JAKARTA, HOLOPIS.COM Sebagai platform berbagi video, TikTok jadi pilihan para pengguna media sosial untuk mengekspresikan dirinya. Oleh karenanya anak perusahaan ByteDance ini, mencoba untuk memberikan suguhan terbaru bagi para penggunanya.

Unggahan video di TikTok, yang sebelumnya berdurasi pendek kini mulai di upgrade sehingga penggunanya bisa mengunggah video dengan durasi 10 menit.

Sayangnya belum semua pengguna TikTok bisa merasakannya, karena opsi tersebut baru muncul di kawasan AS dan Eropa.

Dikutip dari The Verge, Rabu (2/3), juru bicara TikTok mengatakan opsi video 10 menit ini bisa memberikan waktu lebih banyak bagi para penggunanya untuk berkreasi.

“Tahun lalu kami mengenalkan video yang lebih panjang, memberikan komunitas kami lebih banyak waktu untuk berkreasi maupun untuk mendapatkan hiburan di TikTok. Hari ini kami semangat mengeluarkan fitur baru mengunggah video sampai 10 menit dan kami berharap dapat menjangkau potensi kreativitas dari para kreator kami di seluruh dunia,” katanya.

Menurut Konsultan dan Analis Media Sosial Matt Navarra, cara yang dilakukan TikTok ini memiliki hubungan yang lebih baik dengan penggunanya dan memudahkan monetisasi.

Ia juga berpendapat bahwa TikTok kini harus bekerja ekstra keras untuk memastikan posisi dan juga keberlangsungannya sebagai platform video di tengah- tengah migrasi para pesaingnya seperti Reels dari Meta, Shorts dari YouTube, dan Spotlight dari Snapchat menghadirkan fitur video pendek.

“Mereka harus bisa menghadirkan rumah bagi konten- konten berdurasi panjang mengingat ‘feed’ vertikal kurang cocok dengan bentuk konten panjang dan lebih cocok dengan konten berdurasi pendek yang biasanya menjadi keahlian mereka,” ujar Matt.