Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizDuh, Harga Minyak Dunia Sentuh Level Tertinggi Sejak 2014

Duh, Harga Minyak Dunia Sentuh Level Tertinggi Sejak 2014

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Harga minyak dunia melonjak pada Selasa (1/3), dengan minyak mentah AS mencapai level tertinggi sejak Juni 2014 karena Invasi Rusia terhadap Ukraina.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate, patokan minyak AS, melonjak 11,5 persen pada level tertinggi hari ini menjadi USD 106,78 per barel. Kontrak turun dari level itu selama perdagangan sore dan mengakhiri sesi di USD 103,41, untuk kenaikan 8,03 persen.

Patokan internasional, minyak mentah Brent mencapai level tertinggi USD 107,57 per barel, harga terakhir terlihat pada Juli 2014. Kontrak tersebut mengakhiri hari di USD 104,97 per barel, dengan kenaikan 7,15 persen.

Harga pertama kali mencapai USD 100 Kamis lalu ketika Rusia menginvasi Ukraina, memicu kekhawatiran gangguan pasokan dari eksportir utama Rusia, di pasar yang sudah sangat ketat.

Badan Energi Internasional sepakat Selasa untuk melepaskan 60 juta barel minyak dari cadangan global, dalam upaya untuk meringankan beberapa kendala pasokan saat ini.

“Situasi di pasar energi sangat serius dan menuntut perhatian penuh kami,” kata direktur eksekutif IEA Fatih Birol dalam sebuah pernyataan. “Keamanan energi global berada di bawah ancaman, menempatkan ekonomi dunia dalam risiko selama tahap pemulihan yang rapuh,” tambahnya.

Menurut badan tersebut, pelepasan 60 juta barel menyumbang 4 persen dari stok darurat anggota sebesar 1,5 miliar barel. Penarikan terkoordinasi ini hanyalah upaya keempat dalam sejarah IEA. Sebagai bagian dari upaya AS akan melepaskan sekitar 30 juta barel, Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Bob Yawger, direktur divisi berjangka di Mizuho Securities USA, mencatat bahwa 60 juta barel tidak banyak berpengaruh dan tidak cukup untuk menyerap pasokan yang hilang dari Rusia.

Jumlah tersebut setara dengan sekitar 6 hari produksi Rusia, dan sekitar 12 hari ekspor Rusia.

“60 juta barel tidak sebanyak itu. Itu intinya di penghujung hari,” katanya.

Yang mengatakan, Rebecca Babin, pedagang energi senior di CIBC Private Wealth, mencatat bahwa sementara langkah itu diharapkan dapat menawarkan “penyangga moderat dalam jangka pendek.”

“Ini bukannya tidak berarti, itu tidak ada artinya jika dibandingkan dengan gangguan pasokan yang sebenarnya dari Rusia,” katanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.