JAKARTA, HOLOPIS.COM Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengungkapkan bahwa mereka telah berhasil mengevakuasi 99 Warga Negara Indonesia keluar dari daerah konflik di Ukraina.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menjelaskan, ada 99 WNI dan 5 WNA yang merupakan keluarga dari WNI ikut dievakuasi ke daerah yang lebih aman.

“99 WNI sudah keluar dari Ukraina, sekali lagi, termasuk 5 WNI yang melakukan evakuasi mandiri.Saat ini mereka sudah berada di dua titik aman, yaitu di Bucharest, Rumania dan di Rzeszow, Polandia,” kata Retno, Selasa (1/3).

Retno mengungkapkan, masih terdapat 4 WNI di Kharkiv dan 9 di Chernihiv, di sebelah utara Ukraina, yang sampai saat ini belum dapat dievakuasi karena kondisi daerah tersebut yang masih berlangsung pertempuran.

“KBRI Kiev dan KBRI Moskow terus melakukan kontak dengan mereka. Informasi yang kami terima mereka dalam kondisi sehat dan memiliki pasokan logistik yang cukup,” ungkapnya.

Pemerintah saat ini ini, dikatakan Retno, masih terus menunggu saat yang tepat untuk dapat mengevakuasi para WNI tersebut.

Terhadap puluhan WNI yang sudah berada di tempat cukup aman tersebut, selanjutnya akan diupayakan menempuh jalur udara sebelum kembali ke Indonesia.

“Untuk mengambil para WNI kita yang berada di dua titik, yaitu 1 titik di Rumania dan 1 titik di Polandia. Saat ini sedang terus dimatangkan,” imbuhnya.

“Jadi sekali lagi, setelah para evacuee aman di dua titik tersebut, maka langkah selanjutnya adalah penjemputan dengan pesawat untuk kembali ke Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Retno menambahkan, masih terdapat 24 WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Ukraina karena alasan keluarga, mereka menikah dengan Warga Negara Ukraina.