JAKARTA, HOLOPIS.COM Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, mengatakan saat event MotoGP Mandalika berlangsung, pihaknya akan optimalkan angkutan umum di kawasan Mataram.

“Angkutan umum ini akan jadi backbone utama transportasi yang ada di Mataram sampai kawasan, terutama pada saat kegiatan MotoGP,” kata Budi, dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (1/3).

Pihak Kemenhub sendiri, sudah siapkan rekayasa lalu lintas serta kuantitas armadanya.

“Kita atur supaya ada shifting, utamanya penonton, untuk menggunakan angkutan umum sebagai transportasi ke dalam lokasi di MotoGP,” katanya.

Sebanyak 278 unit bus bantuan dari Kemenhub telah disiapkan, terdiri dari 27 unit bus besar, 70 unit bus sedang dan 181 unit bus kecil . Kendaraan tersebut, nantinya akan digunakan sebagai angkutan antarmoda untuk mengangkut penonton dari berbagai simpul transportasi.

Kemenhub juga siapkan 184 unit shuttle bus, untuk mengangkut penumpang dari beberapa simpul ke lokasi sekitar kawasan Mandalika dan jadi pengumpan untuk lokasi tempat duduk penonton.

Titik simpul bus antar moda untuk angkut penumpang ke kawasan Mandalika, ada di elabuhan Gilimas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, pusat kota Mataram (ex Bandara Selaparang) & BIZAM.

Tersedia tujuh rute di dalam kawasan Mandalika dari Parkir Barat dan Parkir Timur menuju Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Sirkuit Mandalika.

Budi juga menegaskan akan ada pembatasan kendaraan pribadi dan sepeda motor menuju Kawasan Mandalika. Namun, Kemenhub juga menyediakan lahan parkir di luar kawasan Mandalika.

“Angkutan utama untuk mobilitas penonton adalah angkutan umum dengan harapan akan terjadi keseimbangan terutama kalau masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi. Sehingga kemacetan yang berpotensi terjadi bisa kita hindari,” katanya.